SURVEI KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMP DAN MTs SE- KECAMATAN SOKO TUBAN

  • DIAN RATNA NUGRAHAWATI

Abstract

Abstrak

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia. Secara serentak kurikulum 2013 diterapkan pada pendidikan formal pada tahun ajaran 2014/2015 tepatnya pada semester ganjil. Tetapi di beberapa sekolah percontohan telah menerapkan lebih dulu kurikulum 2013 yakni pada tahun ajaran 2013/2014. Sehubungan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP dan MTs se-kecamatan Soko Tuban. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah 6 sekolah di kecamatan Soko yakni SMPN 1 Soko, SMPN 2 Soko, SMP Muhammadiyah 5 Soko, MTs Tarbiyatul Islam, MTs Manbaul Islam, dan MTs Salafiyah. Dalam penelitian ini terdapat empat responden yakni pengawas, kepala sekolah, guru PJOK kelas VII, dan siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP dan MTs se-kecamatan Soko Tuban pada semua aspek yang meliputi pengawas, kepala sekolah, guru PJOK, dan siswa kelas VII masuk dalam kategori  cukup baik dengan persentase 78,19%.

Kata Kunci : Keterlaksaan Kurikulum 2013, PJOK.

Abstract

Kurikulum 2013 is the latest curriculum which have implemented in Indonesia. At the same time, the kurikulum 2013 had applied to formal education in the academic year 2014/2015 precisely on odd semester. But in some schools have implemented the first 2013 curriculum in the academic year 2013/2014. In this regard, the aim of this research is to know the implementation of kurikulum 2013 especially on the Physical Education, Sport, and Health (PJOK) subject in junior high schools and MTs level throughout the subdistrict Soko Tuban.
 This research is a qualitative descriptive study. Therefore, this study took a sample of the population and using the questionnaire as a data collection instrument. The population of this study are 6 schools that is SMPN 1 Soko, SMPN 2 Soko, SMP Muhammadiyah 5 Soko, MTs Tarbiyatul Islam, MTs Manbaul Islam, and MTs Salafiyah. In this study, there are four respondents there are supervisors, principals, PJOK teachers, and students of class VII.
 The results showed that indicated that the kurikulum 2013 which have implemented in the Physical Education, Sport, and Health (PJOK) subject in junior high schools and MTs level throughout the subdistrict Soko Tuban on all aspects including supervisors, principals, PJOK teachers, and students of class VII into the category quite well with the percentage 78.19%.

Keywords:  Implementation Kurikulum 2013, PJOK.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 317