PERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Pada Kelas V dan VI di SDN Sidowayah dengan MI Darun Najah Beji Pasuruan)

  • ZULAICHA YASMIN

Abstract

Abstrak

Perkembangan gerak motorik anak pada tahap awal merupakan dasar untuk menunjang perkembangan gerak motorik lanjutan saat anak-anak mulai beranjak dewasa. Melalui pendidikan jasmani disekolah dasar diharapkan dapat mencapai tujuan dari pendidikan jasmani itu sendiri termasuk dalam meningkatkan kemampuan motorik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik siswa di SDN Sidowayah dan MI Darun Najah yang memiliki kelebihan masing-masing dalam proses pelaksanaan pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 dan 6 SDN Sidowayah dan MI Darun Najah sebanyak 98 siswa, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan motorik yaitu (1) tes shuttle run 4x10 meter, (2) tes lempar tangkap bola jarak 1 meter ke dinding, (3) tes stork stand positional balance, (4) tes lari cepat 30 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya, terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan koordinasi dimana siswa di SD lebih baik dari siswa di MI, sedangkan pada komponen keseimbangan siswa di MI lebih baik dari siswa di SD. Namun secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan pada kemampuan motoriknya dapat dilihat dari nilai thitung kemampuan motorik -0,675 < ttabel 1,658. Sehingga HO diterima dan H1 ditolak dengan taraf signifikasi 0,05. Hal tersebut ternyata membuktikan bahwa keadaan sekolah baik SD maupun MI tidak mempunyai pengaruh cukup besar terhadap kemampuan motorik siswa. Tidak adanya perbedaan tersebut juga dipengaruhi oleh aktivitas gerak siswa diluar sekolah.

Kata Kunci : Kemampuan Motorik, Siswa Sekolah Dasar, Siswa Madrasah Ibtidaiyah.

 

Abstract

The motor ability’s growth of children at the beginning is the fundamental of advanced motor ability’s growth when they become grown up. Through physical education in elementary school, it will be expected can reach the purpose of the physical education including children motor skill enhancement.

The aim of this research is to know the comparison of students motor ability in SDN Sidowayah and MI Darun Najah, that each have excess in their physical education learning process.  This research is included in non experiment research that used quantitative design. Population and sample of this research are all the 5th and the 6th graders Extraordinary SDN Sidowayah and MI Darun Najah that as many as 98 students. This research used motor abilities test as the data collection, that is (1) shuttle run 4 x 10 meters test, (2) throw and catch the ball to the wall test, (3) stork stand positional balance test, (4) sprint 30 meters test. The result of this research showed that there are significant differences in coordination ability where the students in elementary school had better than islamic elementary students, while in  balance component the students of islamic elementary school had better than elementary school. However, there are no differences in motor ability overall. According to the value of taritmethic in motor ability is 0,675< t table 1,658. So Ho is accepted and Ha is rejected with 0,05 level of significance. That matter proved that the school’s situation among elementary school and islamic elementary school don’t have any influence against students motor ability. All in all, besides the factors explained above, the factor that makes there was no difference is that the existance of the students’ activities outside the school.

Keywords : Motor Ability, Students Of Elementary School, Students Of Islamic Elementary School

Published
2015-11-28
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 107