PEMANFAATAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL DRILLS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP MATERI AJAR UNDERHAND PASS PERMAINAN BOLAVOLI (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krembung)

  • OKY ERIKO DWIJAYA

Abstract

Abstrak

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, guru harus bersikap kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Guru dituntut untuk mampu menentukan metode yang tepat dalam menyampaikan materi ajarnya supaya tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara maksimal. Penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan salah satu cara efektif untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa.  Salah satunya yaitu dengan menggunakan media berbasis komputer yakni computer assisted instruction (CAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media computer assisted instruction (CAI) model drills terhadap peningkatan pemahaman materi ajar underhand pass permainan bolavoli pada siswa kelas X MIA 6 di SMA Negeri 1 Krembung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (praeksperimen) dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Krembung yang berjumlah 339 siswa. Cara menentukan sampel dengan menggunakan cluster random sampling sehingga didapat kelas X MIA 6 yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada manfaat dari penggunaan media computer assisted instruction (CAI) model drills terhadap peningkatan pemahaman materi ajar underhand pass permainan bolavoli pada siswa kelas X MIA 6 di SMA Negeri 1 Krembung. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (19,16 > 1,6905).

Kata Kunci : Computer assisted instruction, Pemahaman, Passing

Abstract

The development of knowledge and technology, teachers should be creative and innovative in learning activity. Teachers are demanded to be able to determine the appropriate method in delivering their teaching material in order the teaching purposes can be delivered maximally. The uses of learning media can be one of the effective way to deliver the teaching material for the students. One of them is by using a media based on computer, computer assisted instruction (CAI). The purpose of this research is to find out the usage of a media, namely computer assisted instruction (CAI) in drills model toward the increasing of the understanding of the learning material about underhand pass of volleyball game for students of X MIA 6 in senior high school 1 Krembung. This research is a experiment (pre experiment) by using “one group pretest-posttest design” as the research design. This research population is all of students of ten grade in senior high school 1 Krembung, which is totally 339 students. The way in determining the sample by using cluster random sampling, therefore can be got 34 students from X MIA 6. Based on the research finding, it can be concluded that there is a usage of the using of computer assisted instruction (CAI) media in drills model toward the increasing of the understanding of the learning material about underhand pass of volleyball game for students of X MIA 6 in senior high school Krembung. It can be proved from the finding of the counting test t has shown that the value of t counting > t table (19,16 > 1,6905).

Keywords: Computer assisted instruction, Understanding, Passing

Published
2015-11-28
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 293