PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMANASAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi pada siswa kelas IV SDN Janti II Tulangan Sidoarjo)

  • KHOIRUL RIFKI SAPUTRA

Abstract

Abstrak

Pembelajaran pendidikan jasmani yang kurang efektif seringkali didapatkan oleh siswa, seperti pemanasan yang diberikan oleh guru tidak sesuai dengan materi inti yang akan diajarkan. Oleh karena itu, untuk membuat pembelajaran yang efektif guru harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dan dapat mendorong antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran penjasorkes. Salah satunya dengan menerapkan permainan tradisional khususnya pada saat pemanasan. Penerapan permainan tradisional yang dilakukan pada saat pemanasan diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran penjasorkes dan menarik antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran penjasorkes. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pemanasan terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas IV SDN Janti II Tulangan Sidoarjo, (2) besarnya pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pemanasan terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas IV SDN Janti II Tulangan Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar kuisioner FCE (Formative Class Evaluation) dan lembar observasi kelas dikjasor. Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar kuisioner FCE (Formative Class Evaluation) pada saat pertemuan pertama (pre-test) mendapatkan hasil sebesar 2,48%, sedangkan pada pertemuan ketiga (post-test) mendapatkan hasil sebesar 2,84%. Dari hasil pre-test dan post-test terjadi peningkatan sebesar 14,52%. Sedangkan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan hasil Zhitung -4,493 > nilai Ztabel -1,96 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) dan dari hasil lembar observasi kelas dikjasor juga menunjukkan bahwa nilai akhir dari pertemuan kedua saat pemberian perlakuan (treatment) pertama sebesar 80,6% mengalami peningkatan pada pertemuan ketiga saat pemberian perlakuan (treatment) kedua menjadi 88,4% dengan kategori baik sekali. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan permainan tradisional dalam pemanasan terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas IV SDN Janti II Tulangan Sidoarjo. Penerapan permainan tradisional dalam pemanasan berpengaruh sebesar 14,52% terhadap efektivitas pembelajaran pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas IV SDN Janti II Tulangan Sidoarjo.

Kata Kunci: permainan tradisional, efektivitas pembelajaran, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Abstract

Physical education lessons that less effective often experienced by students, such as warming up given by teachers which not in accordance with the core material that would be taught. Therefore, to make effective learning teachers must be able to create a learning atmosphere in accordance with the character of students and can encourage the student’s enthusiasm to follow physical education learning. One of the effort is by applying traditional game especially in the warming up. The application of traditional game is expected to increase the effectiveness of physical education learning and to attract student’s interest and enthusiasm to follow physical education learning. The purpose of this research is (1) to find out the influence of the application of traditional game in warming up towards the effectiveness of learning physical education, sports and health in 4th grade students of SDN Janti II Tulangan Sidoarjo (2) to find out magnitude the influence of the traditional game in warming up towards the effectiveness of learning physical education, sports and health in 4th grade of SDN Janti II Tulangan Sidoarjo. The type of this research is quasi experiments with quantitative approach. The population of this research is taken from 4th grade students amounted to 31 students. The instrument used in data collection in this research are questioner Formative Class Evaluation and Physical Education Class Observation Sheet.

The result from questioner Formative Class Evaluation in the first meeting (pre-test) amounted to 2,48%, while at the third meeting (post-test) get the result of 2,84%. From result of pre-test an post-test there is an increase of 14,52%. While the result of the hypothesis test of using Wilcoxon test, can be obtained the result value Zcount -4,493 > value Ztable -1,96 with the level of significance 5% (0,05) and from the result of the observation class dikjasor also indicated that the end of the second meeting while giving first treatment of 80,6% rise in the third meeting while giving second treatment being 88.4% in the category of very good. From the data, it can be concluded that there is a significance influence from the application of traditional game in warming up towards the effectiveness of learning physical education, sports and health in SDN 4th grade students of Janti II Tulangan Sidoarjo. The magnitude of the traditional game in warming up is 14,52% towards the effectiveness of learning physical education, sports and health in 4th grade students of SDN Janti II Tulangan Sidoarjo.

Keywords: traditional game, learning effectiveness, physical education, sports and  health.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 488