PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE KANAN PADA PERMAINAN BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Model Terpadu Bojonegoro)

  • DIMAS KURNIAWAN ZULKARNAIN

Abstract

Abstrak

Dari pengamatan dan juga pengalaman mengajar di SMAN 1 Sumberjo terungkap bahwa banyak siswa yang tidak begitu mengingat materi dribble kanan pada permainan bola basket yang sudah pernah diajarkan. Padahal, materi dasar dribble kanan diberikan pada tingkat SMP. Metode resitasi ini dirancang untuk menjadikan siswa bisa selalu mengingat pembelajaran yang sudah diajarkan dengan melihat catatan tugas yang sudah dicatat atau dikerjakan dalam setiap materi ajar yang sudah didapatkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar dribble kanan bola basket dan seberapa besar pengaruh metode tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen pre-tes dan post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket pre test dan post test pengaruh penerapan metode resitasi  terhadap hasil belajar dribble kanan pada permainan bola basket dan juga digunakan untuk mengukur hasil belajar dribble kanan pada permainan bola basket. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa dari 120 siswa kelas VII SMP Model Terpadu Bojonegoro. Berdasarkan hasil dari perhitungan uji beda, thitung lebih besar dari pada ttabel (11,23>2.045) dengan demikian sesuai dengan ketentuan jika thitung lebih besar daripada ttabel dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. hipotesis yang berbunyi ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VII SMP Model Terpadu Bojonegoro. Dengan demikian dari hasil analisis compare means-paired sample t test tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dari penelitian yang berbunyi “ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar dribble kanan pada permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Model Terpadu Bojonegoro ”dapat diterima”.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Resitasi, Hasil Belajar,Dribble Kanan Bola Basket

Abstract

From observation and teaching experience in Senior High School 1 Sumberjo revealed that many students who not remember about rigth dribble lesson of basketball that ever given. Actually, based lesson about rigth dribble give in junior high school. Resitasi methode make for  get student who always remember the lesson that ever given with see task note from the lesson.   This study included know influence resitasi method to study result of right dribble and how much resitasi methode influence. This study included a quantitative study and types of experiment research pre-test and post-test one group design. The subjects of this study were 30 of 120 students class VII Junior High School Integrated Model Bojonegoro. calculation of different test or t test showed t count> t table (11,23>2.045)so that the data is in accordance with what has become the provision, where if tcount greater than ttable with significance level of 5% then H0 Ha accepted and rejected. It  means that the hypothesis of  there are the application influence of resitasi method to study result of right dribble to basket ball game to student of clas VII Junior High School Integrited Model Bojonegoro.So, the results of the analysis of the compare means-paired sample t test, we can conclude that the hypothesis of the research that reads "there are influence of application resitasi method to result study of right dribble basketball game" acceptable.

Keywords : Resitasi Learning Method, Result Study, Right Dribble Basket Ball.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 33