PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANTARA SISWA PROGRAM IPA DAN SISWA PROGRAM IPS KELAS XII DI SMA NEGERI 1 LAMONGAN

  • BAMBANG YUDI ERWANTO

Abstract

Abstrak

Kurikulum di jenjang SMA dilakukan penjurusan sesuai minat dan kemampuan siswa. Program penjurusannya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Akselerasi. SMAN 1 Lamongan adalah salah satu sekolah yang mengutamakan prestasi akademik dan non akademik, sehingga menuntut siswanya memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik. Kurikulum yang digunakan di SMAN 1 Lamongan setara dengan SMA reguler lainnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti memperoleh data bahwa siswa program IPS lebih sulit diatur pada saat pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dibandingkan dengan siswa program IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa program IPA dan siswa program IPS. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program IPA dan program IPS di SMAN 1 Lamongan. Besar populasi 329 siswa dan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat kebugaran jasmani rata-rata siswa kelas XII IPA sebesar 13,21 dengan standar deviasi 1,452. Sedangkan pada kelas XII IPS  didapat rata-rata 13,26 dengan standar deviasi 2,049. Dengan perhitungan menggunakan statistical program for social science (SPSS). Hasil perhitungan dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Sehingga dengan demikian maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XII IPA dan siswa kelas XII IPS.

Kata Kunci : Tingkat kebugaran jasmani, siswa kelas XII program IPA dan IPS.

Abstract

Senior high school curriculum is divided into the program based on the interest and ability of the students. The program are Science Program, Social Program, and Acceleration Programs. SMAN 1 Lamongan is one of the formal education institution that focuses on academic achievement and non-academic achievement, this condition demands the students to have good physical fitness level. The curriculum that is used by SMAN 1 Lamongan has the standart with the other reguler senior high school institution. Based on observation result and interview, the researcher gets data that social program student are more difficult to be disciplined during physical education activity than science program students. This research is non-experimental research with descriptive quantitative approach. The population of this research is the twelve grader students from Science Program and Social Program in SMAN 1 Lamongan. Large population of 329 students and a sample taken at random cluster sampling technique. The research instrument uses Indonesia Physical Fitness Test (TKJI). Based on the research result, the average of the twelve grader students from science program is 13,21 with the standart deviation of 1,452. Then, the average of the twelve grader students from social program is 13,26 with the standart deviation of 2,049. This result is calculated by using Statistical Program for Social Science (SPSS). The calculation result uses 5% of significant degree. The conclusion is Ho is accepted and Ha is rejected. There is not significant differences of physical fitness level between Science Program and Social Program of the twelve grader students.

Keywords :  Physical fitness level, twelve grader students of science program and social program.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 60