PENERAPAN TERAPI NLP (NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN DALAM MELAKUKAN LOMPAT KANGKANG PADA SISWA KELAS X

  • FERI WELDANI

Abstract

Abstrak

Dalam menuntut ilmu di sekolah, siswa dituntut untuk bisa menguasai semua bidang mata pelajaran, terlebih lagi dalam mata pelajaran penjasorkes yang menuntut siswa bisa melakukan berbagai macam tugas gerak, salah satunya yaitu materi lompat kangkang. Siswa seringkali cemas dalam melakukan lompat kangkang baik putra maupun putri. Peran terbesar terapi  NLP (Neuro Linguistic Programming) adalah membantu manusia berkomunikasi lebih baik dengan diri mereka sendiri, mengurangi ketakutan tanpa alasan, mengontrol emosi negative dan kecemasan. Oleh karena itu melalui penerapan terapi NLP diharapkan siswa yang mengalami kecemasan melakukan lompat kangkang dapat diturunkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan terapi NLP untuk menurunkan kecemasan dalam melakukan lompat kangkang pada siswa kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre Experimental dan jenis penelitian pre-tes dan post-test one group design. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa dari 250 siswa kelas X MAN Mojosari. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan melakukan lompat kangkang untuk mengetahui siswa yang mempunyai skor tinggi kecemasan melakukan lompat kangkang dan juga digunakan untuk mengukur hasil dari perlakuan terapi NLP. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda (t-test). Setelah dilakukan perhitungan nilai rata-rata siswa yang mengikuti penelitian ini yaitu 94,4 dengan standar deviasi 10,28 dan hasil uji beda atau uji t yaitu 29,05 menunjukkan bahwa thitung >ttabel (29,05>1,833) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dari penelitian yang berbunyi “terapi NLP dapat menurunkan kecemasan melakukan lompat kangkang siswa kelas X MAN Mojosari” dapat diterima.

Kata Kunci : Terapi NLP(Neuro Linguistic Programming), Kecemasan, lompat kangkang

Abstract

In a study at the school, students are required to be able to master all subjects areas, especially in subjects penjasorkes that requires students can perform a wide range of motion tasks, one of which is material straddle jump. Students are often anxious to do a straddle jump both boys and girls. NLP (Neuro Linguistic Programming) therapy biggest role is to help people communicate better with themselves, reduce fear without reason, control negative emotions and anxiety. Therefore, through the application of NLP therapy is expected that students who experience anxiety do jump straddle can be derived. This study aims to examine the application of NLP therapy to reduce anxiety in doing straddle jump in class X. This study includes quantitative research with Pre Experimental approach and type of research pre-test and post-test one group design. The subjects of this study were 10 students of 250 in class X MAN Mojosari. Data collection method used was a questionnaire anxiety do straddle jump to find out students who have high anxiety scores did straddle jump and also used to measure the results of NLP therapy treatment. As for the data analysis in this study using a different test (t-test). After calculating the average value of students who take this study is 94.4 with a standard deviation of 10.28 and the results of different test or t-test is 29.05 shows that t count> t table (29.05> 1.833) with a significant level of 5% . Thus the results of the analysis can be concluded that the hypothesis of the research that reads "therapy NLP can reduce anxiety do a straddle jump class X MAN Mojosari" acceptable.

Keywords: Therapy NLP (Neuro Linguistic Programming), Anxiety, straddle jump

Published
2015-11-28
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 592