PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLESEPAK BOLA (StudiPadaSiswaKelas X SMA Al-Islam Krian Sidoarjo)

  • ACHMAD BENY ISWANTO

Abstract

Abstrak

Peran seorang guru sangatlah penting dalam suatu proses pembelajaran. Karena tujuan dari suatu pembelajaran adalah merubah kemampuan peserta didik dari yang tidak menguasai materi sama sekali menjadi dapat menguasai materi meskipun tidak secara sempurna. Dalam starategi pembelajaran banyak model pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru untuk melangsungkan suatu proses pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan efektif dapat memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dalam penelitian ini, model pembelajaran yang diterapkan adalah model inkuiri pada pembelajaran dribble sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dribble sepak bola pada siswa kelas X SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. (2) Besarnya pengaruh hasil belajar dribble sepak bola dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas X SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, untuk menentukan sampel menggunakan cluster random sampling dari populasi kelas X SMA Al-Islam Krian Sidoarjo dengan jumlah siswa 613 siswa dari 16 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 04 dengan jumlah 42 siswa. Dari hasil penelitian secara umum dan berdasarkan hasil penghitungan analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dribble sepak bola dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (10,284 > 1,683). Adapun pengaruh tersebut ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 7,39 %.

Kata Kunci : Model inkuiri, Hasil belajar dribble sepak bola

Abstract

The role of a teacher is very important at the learning process. Because the purpose of the study is to change the ability of learners who don’t master the material at all be able to master thaought not perfect. In the learning stategy, the teacher chosen a model to carry out an interest learning. By applying the learning model that is attractive and effective to facilities teachers in performing their duties, so get learning outcomes in according the objective to be achived. In this research, applied learning model is a inquiry model on the learning football dribble. The purpose of this research to determine : (1) effect of application inquiry learning model to the learning result of football dribble to student at the high school of class X on Al-Islam Krian Sidoarjo. (2) the amount of influence learning result by applying inquiry model at the football dribble matter to student at the high school of class X on Al-Islam Krian Sidoarjo. This research was a quasi experimental research with quantitative and descriptive approach. At this research, to determine a sample using cluster random sampling system from high school of class X population on Al-Islam Krian Sidoarjo with the all of 613 students from 16 classes. Samples were students of class X sains 4 with all 42 students. From the results of this research in general and based on the calculation result of data analysis conclude that there was a significant influence on the implementation of inquiry learning model to football dribble learning result evidence by result t count > t table (10,284 > 1,683). the effect is shown by increase in learning outcomes for 7,9%.

Keywords : inquiry model, result the football dribble learn.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 38