PROFIL KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI YANG MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 (Studi Pada Siswa Kelas IV dan V SDN Tanjunganom 2 Nganjuk)

  • AFRISCA WIDYA MARDIANA

Abstract

Abstrak

Kemampuan motorik (motor ability) memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan manusia. Dengan kemampuan motorik seseorang dapat melakukan semua kegiatan dengan baik. Melalui pendidikan jasmani peserta didik dapat menyalurkan hasrat dan keinginan untuk bergerak, disamping itu dapat juga memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk terlibat secara langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat  kemampuan  motorik siswa kelas IV dan V SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. 2) Mengetahui profil hasil tingkat kemampuan motorik siswa kelas IV dan V SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SDN Tanjunganom 2 Nganjuk dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 31 siswa dan kelas V sebanyak 32 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik penelitian survei, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tes yang meliputi tes kelincahan, tes koordinasi mata dan tangan, tes keseimbangan, dan tes kecepatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) kemampuan motorik siswa kelas IV SDN Tanjunganom 2 Nganjuk dapat dikategorikan sedang dengan rata-rata skor 200, dengan persentase klasifikasi kriteria kemampuan motorik siswa yaitu: kategori baik sekali 6,45%, kategori baik 25,81%, kategori sedang 35,48%, kategori kurang 22,58%, dan kategori kurang sekali 9,68%. Kemampuan motorik siswa kelas V SDN Tanjunganom 2 Nganjuk dapat dikategorikan kurang dengan rata-rata 199,99, dengan persentase klasifikasi kriteria kemampuan motorik siswa yaitu: kategori baik sekali 9,38%, kategori baik 18,75%, kategori sedang 31,25%, kategori kurang 37,50%, dan kategori kurang sekali 3,13%. Hasil keseluruhan kemampuan motorik siswa kelas IV dan V SDN Tanjunganom 2 Nganjuk dapat dikategorikan sedang dengan rata-rata 200, dengan persentase klasifikasi kriteria kemampuan motorik siswa yaitu: kategori baik sekali 7,94%, kategori baik 22,22%, kategori sedang 33,33%, kategori kurang 31,75%, dan kategori kurang sekali 4,76%.

Kata Kunci: Kemampuan Motorik, Siswa, Sekolah Dasar, Kurikulum 2013

 

Abstract

Motor ability takes an important part in human actvities. Through motor abilitiy, someone can do their activities well. Through Physical Education, the students are able to do their passion in physical activities. Besides, it can give chance to the students to take a part in learning experiences through physical education.  The aims of this research are 1) Knowing about motor ability level of students class IV and V in State Elementary school Tanjunganom 2 Tanjunganom subdistrict Nganjuk regency. 2) Knowing the profile of motor ability level result of students class IV and V in State Elementary school Tanjunganom 2 Tanjunganom subdistrict Nganjuk regency. The population of this research is the students of class IV which have amount 31 students and class V which have amount 32 students. This research used survey research method.While as the data collection, this research used some tests which consist agility test, hand and eyes coordination test, balance test and speed test. Based on the result of this research, it can be concluded that 1) the motor ability of students in State Elementary School Tanjunganom 2 class IV can be cattegorized in fair cattegory which have average score 200, with percentage of students that classification of motor ability : very good cattegory 6,45%, good cattegory 25,81%, fair cattegory 35,48%, less cattegory 22,58%, less than once 9,68%. The motor ability of students in Elementary School Tanjunganom 2 Nganjuk class V State can be cattegorized in less cattegory which have average score 199,99, percentage of students that classification of motor ability :  very good cattegory 9,38%, good cattegory 18,75%, fair cattegory 31,25%, less cattegory 37,50%, less than once 3,13%. The overall result of students motor ability in State Elementary School Tanjunganom 2 class IV and V can be cattegorized in fair cattegory which have average score 200. with percentage of students that classification of motor ability : very good cattegory 7,94%, good cattegory 22,22%, fair cattegory 33,33%, less cattegory 31,75%, less than once 4,76%.

Key Word : Motor Ability, Students, Elementary school, Kurikulum 2013

Published
2015-11-28
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 42