PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET PADA SISWA TUNARUNGU (Studi pada Siswa Tunarungu di SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya)

  • ALFIAN CAHYA KHOIRUDDIN

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adaptif merupakan salah satu alternatif untuk membantu siswa luar biasa dalam mengoptimalkan kemampuan di dalam gerak. Dalam pendidikan jasmani adaptif salah satu media pembelajaran yang cocok dengan jenis kecacatan tunarungu adalah melalui media video. Hal tersebut dikarenakan anak tunarungu tidak bisa mendengar bahasa, tetapi memiliki kelebihan dalam faktor melihat. Dalam hal ini diharapkan melalui media video mampu meningkatkan belajar shooting bola basket siswa tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media video dalam pembelajaran penjasorkes terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa  tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Mulya Sememi Surabaya. Penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest – posttest design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa tunarungu kelas 5 dan 6. Untuk mendapatkan hasil belajar bola basket digunakan bentuk performence test yaitu tes shooting ke arah sasaran (ring). Berdasarkan perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut, perbedaan hasil pretest dan posttest shooting ke arah sasaran adalah sebesar 1,000 dan dengan taraf signifikasi 5% pada df 1, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media video dalam meningkatkan hasil belajar shooting bola basket siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Mulya Sememi Surabaya setelah diberikan tayangan video tentang teknik pembelajaran bola basket.

Kata Kunci : Media Video, Shooting Bola Basket, Tunarungu

Abstract

Adaptive sport education is on of the alternatives to help students with special needs optimize their ability in motion. In adaptive sport education, one of the suitable media to teach deaf children is by using video. It is because the deaf children cannot optimize their ears but have extra potency in using their eyes. It is hoped that through this media the children are able to increase their ability in shooting basketball. The objective of this study is to know how much the video as media in teaching physical learning affects deaf children’s basketball shooting ability in Extraordinary Elementary School Tunas Mulya Sememi Surabaya. This research uses quasi-experimental with one group pre-test post-test design. The samples of this research are taken by using purposive sampling which are the deaf children in 5th and 6th grades. To get the result, a performance test is used where the students are asked to shoot to the target (the basket).

By calculating the data, the result is got as follows: the difference between pre-test and post-test of shooting is 1,000 and with significant rank in df 1, so that Ho is accpeted while Ha is denied. Thus, it can be concluded that there is no significant effect which affects deaf children’s basketball shooting ability in Extraordinary Elementary School Tunas Mulya Sememi Surabaya after the video has been implemented in  teaching-learning process.

Keywords: video, media, basketball shooting ability, deaf children.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 32