PERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA DENGAN SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA (Studi Pada Siswa Kelas III-IV SDN Bedanten Bungah dan SDN Sidokumpul 1 Gresik)

  • NURUL HIDAYAH AWWALIYAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan salah satu pendidikan di sekolah dasar yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak siswa. Perkembangan motorik merupakan salah satu faktor terpenting dalam perkembangan setiap individu karena gerak dasar anak akan sangat berpengaruh bagi kemampuan motorik anak usia selanjutnya. Faktor lingkungan dan kebiasaan dalam bermain juga berpengarug terhadap kemampuan motorik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampaun motorik antara siswa kelas III-IV SDN Bedanten Bungah yang terletak di desa dan SDN Sidokumpul 1 Gresik yang terletak di kota. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-IV SDN Bedanten Bungah sejumlah 31 siswa dan siswa kelas III-IV SDN Sidokumpul 1 Gresik sejumlah 83 siswa dengan jumlah total 111 siswa. Penelitian ini adalah non eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Kemampaun motorik siswa di ukur dengan 4 tes yaitu: Tes Kelincahan (shuttle run), tes koordinasi (lempar tangkap bola jarak 1 meter ke tembok), tes keseimbangan (stork stand positional balance), dan Tes Kecepatan (Lari cepat 30 meter). Teknik analisa yang digunakan adalah Uji-t sample independent. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di ketahui bahwa rata-rata kemampuan motorik siswa SDN Bedanten bungah adalah 186,9665 dengan standar deviasi 35,48550. Sedangkan rata-rata kemampuan motorik SDN Sidokumpul 1 Gresik adalah 204,9273 dengan standar deviasi 24,81624. Pada komponen kelincahan, keseimbangan, dan kecepatan terdapat perbedaan yang signifikan SD di kota lebih baik daripada SD di desa. Pada komponen koordinasi, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua sekolah. Sedangkan hasil pada program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 20 di ketahui t-tabel 3,031 lebih besar daripada t-hitung 1,658. Sehinggga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan motorik siswa SD di desa dengan siswa SD di kota, siswa SD di kota kemampuan motoriknya lebih baik daripada siswa SD di desa.

Kata Kunci: kemampuan motorik, siswa, sekolah dasar, di desa, di kota.

Abstract

Sport education is one of education in elementary school which has something to do with development of student’s skill. Motor development is the most important factor in individual development because all of activities of children give very big effect for their ability for the next. Environment and habitual also the way children play, have something to do with their motor. The purpose of this research to know how deep motor ability give effect to children between student third grade till sixth grade of Bedanten Bungah elementary school located in a village and student of Sidokumpul 1 Gresik elementary school in a Gresik city. The object of this research are student third grade till sixth grade of those elementary school, 31 students of Bedanten Bungah elementary school and 83 students of Sidokumpul 1 Gresik elementary school and all there are 111 students. This research is not kind of experiment by descriptive  quantitative. Student’s motor ability surveyed by 4 steps: agility testing, coordination testing, balance testing, speed testing. Analysis technique used T-test sample independent. Based on the results, known that the average student’s motor ability Bedanten Bungah is 186.9665 with a standard deviation of 35.48850. While the average motor ability SDN Sidokumpul 1 Gresik is 204, 9273 with a standard deviation 24,81624. In component agility, balance, and speed there is significant difference in the city elementary school better than elementeray school in the village. In coordination component, there is no significant difference in the two schools. While the results in SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 20 known t-table 3,031 greater than 1,658. So, as we can conclude there is a significant difference between the motor ability of elementary school students in the village with elementary students in the city, elementary school students in the city of motor ability better than elementary school students in the village.

Keywords : motor ability, students, elementary school, in the village, in the city.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 306