PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban)

  • REZA EKO IVANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap warga negara. Tujuan pendidikan itu sendiri adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Sedangkan pendidikan jasmani merupakan pendidikan menuju keselarasan antara tumbuhnya badan, berkembangnya jiwa dan merupakan suatu usaha untuk membuat bangga Indonesia menjadi bangsa yang sehat lahir batin. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ini model yang digunakan adalah model pembelajaran discovery learning.  Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menemukan temuan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ; 1) Pengaruh model pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban, 2) Besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran passing bawah bolavoli. Jumlah sampel yang diambil adalah 30 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain one group pre-test post-test design. Kesimpulan hasil penelitian yaitu ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban, yang dibuktikan dengan hasil thitung  20,72 > ttabel 1,699 dan besar pengaruh model pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban adalah sebesar 61,73%. Dari ketiga komponen hasil belajar yang digunakan pada saat pre-test dan post-test yaitu lembar soal-soal essay, skala sikap dan brumbach forem pass wall- volley test.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Model pembelajaran discovery learning. 

Abstract

Education is an important assignment that must to be done for all public. The purpose of the education is developes student’s potentions to be a faithfull person, smart, healthy, creative, innovative and become a person that suitable with democrasy values. In the other physical education is an education that educates the student’s to be a person that have body and thinking that grow balance and it also tries  to makes indonesian healthier, stronger and smarter.In the physical education learning, the learning model that be used is the discovery learning model. This learning model is the learning that ask the student’s to find new discovery. The study aims to know ; 1) the influence of discovery learning model to the 2013 curriculum towards the student’s achievement of under pass volleyball on 11th graders of state senior high school 1 Tambakboyo Tuban, 2) the improving of student’s achievement of under pass volleyball learning. There are 30 students are taken as the samples. The research methodology is an abstract experimental research, with one group pre-test post-test design. The conclusion of this study there was a significant effect of the value aplication of discovery learning model to the curriculum 2013 towards the student’s achievement of under pass volleyball on 11th graders of state senior high school 1 Tambakboyo Tuban as evidenced by the results of the tcount 20,72 > ttable 1,699 and great influence of discovery learning model to the curriculum 2013 towards the student’s achievement of under pass volleyball on 11th graders of state senior high school 1 Tambakboyo Tuban is 61,73%. From third components used in the current pre-test and post-test are sheets essay question, the attitude scale and brumbach forem pass wall-volley test.

Keywords: Curriculum 2013, Discovery learning model.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 511