PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2011 Periode Gasal 2013/2014 - Genap 2013/2014)

  • BETTY ARISTHA FIBRIANA

Abstract

Abstrak

Persepsi adalah kemampuan untuk membeda-bedakan, mengelompokkan, memfokuskan dan sebagainya yang selanjutnya diinterpretasikan. Persepsi mahasiswa adalah cara mahasiswa menilai sesuatu dari orang lain atau lingkungan sekitar sehingga menghasilkan interpretasi terhadap obyek yang diamati. Pelaksanaan proses belajar mengajar adalah kegiatan dari seorang dosen sebagai tenaga pengajar yang berhubungan dengan mahasiswa sebagai subjek belajar. Hal ini mengimplikasikan bahwa proses belajar mengajar merupakan suatu proses interaksi dosen dengan mahasiswa yang bersifat mendidik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar di Jurusan Pendidikan Olahraga FIK Unesa. Populasi dari peneltian ini adalah 136 mahasiswa yang berasal dari kelas A, B, C, dan D. Sampel dari penelitian ini adalah 30% dari jumlah populasi yaitu 40 mahasiswa. Metode pengambilan sampel adalah random sampling. Berdasarkan perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut, persepsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga dapat dikategorikan “baik” dengan mean 111,4, standar deviasi 7, 38. Dalam persentase 67% mahasiswa menilai proses belajar mengajar masuk dalam kategori “sangat baik”; 30,2% mahasiswa menilai dalam kategori “baik”; 17,5% mahasiswa menilai dalam kategori “sedang”; 2,5% mahasiswa menilai dalam kategori “tidak baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar di jurusan Pendidikan Olahraga, FIK, Unesa dilakukan dengan baik, dinilai dari segi pembelajaran, keterampilan, penilaian dan beban kerja, bimbingan dan konseling, sumber pembelajaran, standar dan target serta dampak umum dan mutu.

Kata Kunci : Persepsi, Siswa, implementasi proses belajar dan mengajar

Abstract

Perception is the ability to distinguish, categorize, focus and so on, in which will be interpreted on further steps. Student’s perception is how student assesses something from others or the environment, that resulting in the interpretation of the observed object. Implementation of the teaching and learning process is the activity of a teacher as a lecturer associated with the student as the subject. This implies that the teaching and learning process is an interaction process of lecturer who is educating students in order to achieve goals. The purpose of this study was to determine students' perceptions on the implementation of the teaching and learning process in the Department of Physical Education FIK UNESA. The populations of this research are 136 students, ranging from class A, B, C, and D. The sample of this study was 30% of the total population, which are 40 students. The sampling method is random sampling.  The calculation of the data is obtained as the following results; the perception of students of Department of Physical Education can be categorized as "good", with 111.4 of Mean, and 7, 38 for Standard Deviation. In the percentage of 67%, the students rated the teaching and learning process into the category of "very good"; 30.2% of students rated in the category of "good"; 17.5% of students rated in the category of "moderate"; and 2.5% of students rated in the category of "not good". So it could be concluded that the implementation of the teaching and learning process in the Department of Physical Education, FIK UNESA is done well. As they are assessed in terms of learning, skills, workload and assessment, guidance and counseling, learning resources, standards and targets, as well as the general.

Keywords : Perception, student, implementation of teaching and learning process.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 37