KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMA NEGERI DI KABUPATEN GRESIK

  • OKKY SINTA DEWANTI

Abstract

Abstrak

Sarana dan prasarana juga dapat dikatakan sebagai sumber belajar. Proses pembelajaran yang efektif adalah dengan memanfaatkan fasilitas sumber belajar, salah satunya dengan memanfaatkan lapangan untuk kegiatan olahraga. Permasalahan yang ditemui bahwasanya masing-masing sekolah jenjang menengah atas tersebut berdiri di kecamatan yang berbeda di Kabupaten Gresik. Perbedaan wilayah tersebut mempengaruhi ketersedian sarana dan prasarana masing-masing instansi. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketersedian sarana dan prasarana prasarana pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Negeri di Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas ketersediaan sarana dan prasarana, sedangkan variabel terikat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri  di Kabupaten Gresik adalah 11 sekolah, sedangkan subjek penelitian yang diambil 4 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket PDPJOI untuk ketersedian sarana dan prasarana dan RPP untuk pelaksanaan pembelajaran PJOK, khususnya kelas XII semester gasal. Berdasarkan analisis data diketahui kondisi sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Gresik dengan nilai 160 kategori “B” dan melaksanakan 12 RPP, namun terdapat  tiga materi pembelajaran yang  tidak memiliki sarana dan prasarana. Kondisi  sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Manyar  dengan nilai 140 katagori  “C” dan melaksanakan 9 RPP, namun tiga materi pembelajaran tidak terlaksana karena beberapa sarana dan prasarana yang tidak memenuhi. Kondisi sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Sidayu dengan nilai 230 katagori “A” dan melaksanakan 9 RPP, tiga materi pembelajaran tidak dilaksanakan walaupun sarana dan prasarana memenuhi. Kondisi sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Driyorejo dengan nilai 130 katagori “C” dan melaksanakan 4 RPP, 8 materi tidak dilaksanakan karena beberapa sarana dan prasarana tidak memenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana PJOK SMA Negeri di Kabupaten Gresik memenuhi sebagai media pembelajaran namun ada beberapa sekolah yang tidak melaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci : sarana dan prasarana, pelaksanaan pembelajaran PJOK.

Abstract

Facilities and infrastructure usually it can be as source of study. The effective of process study is used facilities source of study, one of them is used field for sport activity. The problems often visible if each senior high school built in different subdistrict at Gresik Regency. The different district influence facilities and infrastructure each institute. The aim of this research is to describe the availability of facilities and infrastructure on health, sport and physical education State Senior High School at Gresik Regency. This research is survey’s research with two variable Facilities and infrastructure is free variable and implementation learn health, sport and physical education is bunch variable. Population in this research is all Senior High School Negeri at Gresik Regency that amounted of eleven schools. While sample collection technique that applied is cluster with sample amount as big as four schools. Instrument in this research is uses an instrument PDPJOI for the availability of facilities and infrastructure, RPP book to implementation learn health, sport and physical education, in particular is twelve class of Senior High School first semester. Based on data analysis result it can be show that in facilities and infrastructure in the State Senior High School 1 Gresik is 160 categories “B” and implementation 12 RPP, but there are three learning material doesn’t have facilities and infrastructure. The facilities and infrastructure in the State Senior High School 1 Manyar is 140 categories “C” and implementation 9 RPP, but there are three learning material not implementation because doesn’t have facilities and infrastructure. The facilities and infrastructure in the State Senior High School 1 Sidayu is 230 categories “A” and implementation 9 RPP, but there are three learning material not implementation besides have facilities and infrastructure. The facilities and infrastructure in the State Senior High School 1 Driyorejo is 130 categories “C” and implementation 4 RPP, but there are 8 learning material not implementation because doesn’t have facilities and infrastructure. Thus, it can be conclude that the availability of facilities and infrastructure PJOK State Senior High School at Gresik Regency complete as media learning but several school not implementation learning.

Keywords: facilities and infrastructure, implementation learning.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 383