PENGARUH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA TERHADAP KETERAMPILAN RENANG GAYA DADA (Studi Pada Siswa Ekstrakurikuler Renang SMP Santa Maria Surabaya)

  • ANDRI ARITIANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah mempunyai arti, peran, fungsi yang penting dan strategis dalam upaya membentuk karakter dari siswa. Dalam pelaksanaannya aktivitas jasmani digunakan sebagai wahana pengalaman belajar siswa tumbuh dan berkembang untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam PJOK terdapat tujuh ruang lingkup yaitu permainan dan olahraga, aktifitas pengembangan, aktifitas senam, aktifitas ritmik, aktifitas air, pendidikan luar kelas, dan kesehatan. Diantara materi – materi yang tertera di atas semua aktifitas geraknya dilakukan di darat, hanya pendidikan aktifitas air yang dilakukan di dalam  air. Aktifitas air meliputi permainan di air, keselamatan saat di air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktifitas lainnya. Pengembangan pembelajaran ialah upaya pendidikan baik formal maupun nonformal yang di lakukan secara sadar, teratur dan bertanggung jawab dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan suatu dasar pengetahuan sesuai dengan bakat pada siswa. Keberhasilan dalam pembelajaran renang gaya dada dapat dilihat dari teknik dan gerakan yang benar dari rubrik penilaian keterampilan renang gaya dada. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh pengembangan pembelajaran renang gaya dada terhadap keterampilan renang gaya dada. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler renang yang belum bisa berenang gaya dada dalam jarak 25 meter. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian melalui perhitungan data menggunakan program IBM Statistical Package for The Social Sciences (SPSS) Statistics 20 menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji beda menggunakan Wilcoxon menunjukkan bahwa p value < Alpha (0,003 < 0,05) . Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test 61,75 dan post-test 64,56 pada tes keterampilan renang gaya dada. Dengan hasil perhitungan tersebut juga dapat diketahui bahwa pengembangan pembelajaran renang gaya dada dapat meningkatkan keterampilan renang gaya dada sebesar 4.55%.

Kata Kunci : Pengembangan pembelajaran renang gaya dada, Keterampilan renang gaya dada

Abstract

Education of physical exercise and health in schools have meaning, role, functions and strategic to create character for students. In the implementation of physical activity is used as a vehicle for student learning experience to grow and evolve to achieve educational goals. In Education of physical exercise and health scope that there are seven games and sports, development activities, activities of gymnastics, rhythmic activities, water activities, outdoor education classes, and health. Among the materials - materials that are listed above all activities carried out on the ground motion, only water education activities are carried out in the water. Water activities include games in the water, when in water safety, skill moves in the water, and swimming and other activities. Learning development effort is both formal and non-formal education that is done consciously, orderly and responsible in order to grow and develop a knowledge base in accordance. The achievement on learning breaststroke can be see by technique and movement based on result of rubric skill breaststroke. The purpose of this study is want to know the effect of the development of breaststroke swimming lesson on learning skill swimming breaststroke. This research is quasi-experiment with using quantitative descriptive approach. Sampling technique which is used by the research was purposive sampling. The subject from this research is the extra curricular swimming who can not swim breaststroke in 25 meter. As for the data analysis in this study used a different test Wilcoxon. Based on the results of research and through the calculation of the data using IBM Statistical Package for The Social Sciences (SPSS) Statistics 20 shows that the results of the calculation of the average difference used Wilcoxon test showed the results of the p value < Alpha (0,003 < 0,05). So we can conclude that there are significant differences between pre-test 61,75 and post-test 64,56 breaststroke skill. With the results of these calculations can also be seen that the development of breaststroke swimming learning can improve learning outcomes breaststroke swimming by 4.55%.

Keywords : Development breaststroke swimming lessons, swimming breaststroke skills

Published
2015-11-28
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 930