PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK ANTARA MAHASISWA  JALUR SNMPTN UNDANGAN DENGAN JALUR SPMB (Studi pada mahasiswa Prodi S-1 Penjaskesrek angkatan 2013 FIK UNESA)

  • FENDY LASTYO UTOMO

Abstract

Abstrak

Dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 3,  disebutkan bahwa “ Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”. Dalam UU No. 12 tahun 2012 tentang undang-undang perguruan tinggi, pasal 6, bagian (g) juga disebutkan bahwa “Kebebasan dalam memilih program studi berdasarkan minat, bakat, dan kemampuan Mahasiswa.” Sesuai dengan undang-undang sisdiknas dan undang-undang perguruan tinggi diatas, maka perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan mempunyai peran untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan wajib menyelenggarakan proses seleksi masuk perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa jalur SNMPTN undangan dan jalur SPMB, (2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar akademik antara mahasiswa jalur SNMPTN undangan dan jalur SPMB, (3) untuk mengetahui perbedaan prestasi non-akademik antara mahasiswa jalur SNMPTN undangan dan jalur SPMB, (4) untuk mengetahui mahasiswa mana yang lebih baik hasilnya dari ketiga aspek tersebut antara mahasiswa jalur SNMPTN undangan dan jalur SPMB. Jenis penelitian ini adalah non-eksperimen dengan desain penelitiannya adalah desain komparatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh penulis yaitu mahasiswa jalur SNMPTN undangan dan jalur SPMB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan daftar Indeks Prestasi Komulatif (IPK). Teknik analisis statistik yang digunakan adalah SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian yang diperoleh dari angket motivasi pada saat penelitian mendapatkan hasil analisis statistik motivasi belajar. Dalam perhitungan data motivasi belajar diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,718 lebih besar dari taraf signifikasi 0,05 maka data dinyatakan tidak ada perbedaan. Dari hasil prestasi belajar akademik diperoleh diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,131 lebih besar dari taraf signifikasi 0,05 maka data juga dinyatakan tidak ada perbedaan. Sedangkan dari hasil prestasi non-akademik diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 maka data dinyatakan ada perbedaan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar akademik, sedangkan pada prestasi non-akademik terdapat perbedaan antara mahasiswa jalur SNMPTN undangan dan jalur SPMB. Besar perbedaan prestasi non-akademik antara mahasiswa jalur SNMPTN undangan dan jalur SPMB adalah 2,49 dimana mahasiswa jalur SPMB lebih baik daripada mahasiswa jalur SNMPTN undangan. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata mahasiswa jalur SPMB sebesar 10,27 sedangkan mahasiswa jalur SNMPTN undangan sebesar 7,78.

Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar akademik dan prestasi non-akademik.

Abstract

In Law no. 20 of 2003 under article 3 of the National Education System states that “National Education aims to educate the people of the nation and develop the whole Indonesian identity, which is faithful and devoted to God, noble character, well educated and skilled, physically and mentally healthy, controlled and independent personality, also a sense of social responsibility and nationality. In law no. 12 of 2012 under Article 6, part (g) on Higher Education Law, also states that “The freedom of choosing study program is based on the interest, talent, and the ability of students.” According to Law of National Education System and Higher Education above, it can be concluded that Higher Education as the education institution has role to achieve National Education Objectives and compulsorily conduct entrance selection. The objectives of this study were, (1) to examine whether there are differences between National Entrance Selection Students (SNMPTN) and Independent Entrance Selection Students (SPMB) in term of learning motivation, (2) academic achievement, (3) non-academic achievement, and also (4) to analyze which of those was the best in these three aspects. This study was non-experimental research, within comparative design research. The population was taken based on the characteristics of this study which was the National Entrance Selection Students (SNMPTN) and Independent Entrance Selection Students (SPMB). The research instruments used in this study were learning motivation questionnaire and the list of Grade Point Average. SPSS (Statistical Product and Service Solution) was used as the analysis data technique. The statistical Analysis of Learning motivation was obtained from motivation questionnaires. In the data analysis, the result of learning motivation was drawn from Sig. (2-tailed) of 0.718, higher than the significance 0.05; in conclusion, there was no difference in learning motivation between National Entrance Selection Students (SNMPTN) and Independent Entrance Selection Students (SPMB). The result from academic achievement showed Sig. (2-tailed) of 0.131 higher that the significance 0.05, in brief there is no difference in academic achievement. Whilst, the analysis of non-academic achievement was obtained Sig. (2-tailed) of 0.002 smaller than the significance 0.05, therefore, there is difference between National Entrance Selection Students (SNMPTN) and Independent Entrance Selection Students (SPMB) in term of Non-academic achievement. From the result above, it can be concluded that there was no difference between learning motivation and academic achievement; yet, there is difference in non-academic achievement between National Entrance Selection Students (SNMPTN) and Independent Entrance Selection Students (SPMB). The significance difference in non-academic achievement between National Entrance Selection Students (SNMPTN) and Independent Entrance Selection Students (SPMB) was 2.49 in which the Independent Entrance Selection Students (SPMB) was better than the National Entrance Selection Students (SNMPTN). It is due to the result showed in the average of value the Independent Entrance Selection Students (SPMB) was 10.27, meanwhile the National Entrance Selection Students (SNMPTN) was 7.78.

Keywords: Learning motivation, academic achievement, non-academic achievement.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 82