SURVEI PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENILAIAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada  SMPN yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kabupaten Blitar)

  • TRI ENDANG WAHYUNI

Abstract

Abstrak

Penilaian merupakan sebuah rangkaian kegiatan untuk memperoleh dan mengolah hasil data dari peserta didik tentang hasil pembelajaran yang dilakukan baik selama, proses atau akhir pembelajaran. Didalam kurikulum 2013 proses melakukan penilaian meliputi 10 komponen. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terhadap penilaian kurikulum 2013 di SMPN. Jenis penelitian ini adalah survei, dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah yaitu guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas VII dan VIII di SMPN 1 Kesamben, SMPN 1 Garum, SMPN 1 Srengat, dan SMPN 2 Srengat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman untuk aspek sikap 93,67%; aspek pengetahuan 92,87%; dan aspek keterampilan 91%, dengan persentase rata-rata 92,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru terhadap penilaian kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMPN se-Kabupaten Blitar baik sekali.

Kata Kunci : Penilaian Kurikulum 2013; pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Abstract

Assessment is a series of activities to acquire and process the resulting data from learners on learning outcomes which performed well during the process or the end of the lesson. In 2013 the process of assessing the curriculum includes 10 components. The purpose of this study was to determine how much understanding of physical education teachers, sports, and health to the curriculum in 2013 in the junior high school assessment. The research is a survey research design qualitative descriptive. In this study using a questionnaire as a data collection instrument. The population of this study is that teachers of physical education, sports, and health classes VII and VIII in SMPN1 Kesamben, SMPN1 Garum, SMPN1 Srengat, and SMP 2 Srengat. The results showed that the understanding of aspects of the attitude of 93,67%%; aspects of knowledge 92,87%%; and aspects skills of 91%, with an average percentage of 92,6%. It can be concluded that teachers' understanding of the curriculum assessment in 2013 on the subject of Physical Education, Sport, and Health in the SMPN Blitar well.

Keywords: curriculum assessment 2013, physical education, sports, and health

Published
2015-11-28
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 175