PERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR DI DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH DI KABUPATEN MAGETAN

  • FAISOL CHOIRUL SANI

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan bagian dari proses pendidikan, dan hasilnya adalah pola perilaku gerak seseorang. Sedangkan salah satu tujuan PJOK adalah unutuk meningkatkan kebugaran jasmani para peserta didik. Pada hakekatnya inti dari pelajaran PJOK adalah gerak. Gerak dan motorik merupakan istilah yang tidak bisa dipisahkan dalam perkembangan manusia, karena diantara keduanya terdapat hubungan sebab akibat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan motorik siswa sekolah dasar di dataran tinggi dan dataran rendah di kabupaten magetan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian perbandingan, selain itu penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen, untuk desain penelitiannya menggunakan desain komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang bersekolah di dataran tinggi Kecamatan Panekan dan di dataran rendah Kecamatan Maospati. Untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Ngiliran 1 (dataran tinggi) dan Kelas V SDN Sugihwaras 3 (dataran rendah). Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan instrumen tes kemampuan motorik yang terdiri dari tes kelincahan dengan test shuttle run, koordinasi dengan lempar tangkap bola jarak 1 meter, keseimbangan dengan test strok stand positional balance, dan kecepatan dengan tes lari cepat 30 meter. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan bahwa perbandingan kemampuan motorik siswa Kelas V SDN Ngiliran 1 (dataran tinggi) dan Kelas V SDN Sugihwaras 3 (dataran rendah) adalah (0,602) < (2,031) dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Dari perhitungan analisis data dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak, jadi kesimpulannya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan motorik dan siswa yang besekolah di dataran tinggi dan yang bersekolah di dataran rendah.

Kata Kunci: kemampuan motorik, siswa yang besekolah di dataran tinggi, siswa yang bersekolah di dataran rendah

Abstract

Physical Education is the part of education process which creates the way of thinking of someone as the result. In addition, the purpose of Physical Education is to enhance the body refreshment of the students. Fundamentally, the focusing aspect of Physical Education is movement. Movement and motor skills are can not separated in the human development because there is a causal-effect amongst them. The significant of the reserach is trying to find out is there any differentiation about motor skills aspect of the elementary student on highland and the lowland in Magetan. The type of research that used in this research is comparative research, non-experimental research, and also comparative design is selected as research design for this study. The selected object of this study are the student who study on highland of Panekan sub-district and the lowland in Maospati sub-district. The samples of this research are fifth grade student in Ngiliran 1 Elementary School (highland) and fifth grade in Sugihwaras Elementary School (lowland). In this study, the researce use instrumens a motor skill of agility test with shuttle run test , coordination of caught throwing ball a distance of 1 meter, balance with stroke stand positional balance and also the velocity with quick run a distance of 30 meters. Based on the calculation, it is found that the comparative of motor skills of fifth grade student in Ngiliran 1 Elementary School (highland) and fifth grade student of Sugihwaras 3 Elementary School is (0,602) < (2,031) by utilizing a standard sognificant 0,05. Due to the computation of the result above, it can be concluded that is accepted and is rejected. So, there is no significant correlation between motor skills and the student on highland or lowland at all.

Keywords: motor skills, student on highland, student on lowland

Published
2015-12-21
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 118