PERBANDINGAN TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR AKREDITASI A DENGAN SISWA SEKOLAH DASAR AKREDITASI B (Studi Pada Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Bungah Kabupaten Gresik)

  • SITI SYARIFATUL HIDAYAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan proses mengajar dapat mendorong tercapainya tujuan pembelajaran, dengan proses tersebut dapat ditempuh anak-anak dengan cara yang paling menyenangkan yaitu bisa  dalam permainan gerak yang terdapat dalam pendidikan jasmani, dimana dalam pendidikan jasmani anak didik khususnya peserta didik di sekolah dasar , dalam jenjang sekolah dasar pada umumnya mereka lebih menyukai aktivitas gerak, penyelenggaraan pendidikan jasmani di sekolah dasar belum dikelola dengan sebagaimana mestinya, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perembangan peserta didik, baik dari segi kognitif, motorik maupun afektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik antara siswa berada di sekolah yang memiliki akreditasi A dengan siswa yang berada di sekolah yang memiliki akreditasi B dan untuk mengetahui kemampuan motorik siswa sekolah dasar yang mempunyai kategori yang lebih baik antara sekolah yang memiliki akreditasi A dengan sekolah yang memiliki akreditasi B. Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah dasar negeri kelas V sekecamatan Bungah Kabupaten Gresik dengan menggunakan “Purposive Random Sampling”. Teknik analisis data menggunakan mean, standart deviasi, T-score, uji normalitas, danuji-T. Dan hasil dalam penelitian ini adalah, di ketahui Nilai thitung kemampuan motorik dengan mann withney test diperoleh Z= -0,310 dan asymp. Sig.(2-tailed) 0,757. Sehingga H0 di tolak dan H1 diterima degan taraf signifikasi 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan motorik antara siswa SDN akreditasi A dengan siswa SDN akreditasi B, dimana siswa SDN akreditasi A lebih baik daripada siswa SDN akreditasi B. Terdapat perbedaan yan signifikan kemampuan motorik antara siswa SDN akreditasi A dengan siswa SDN akreditasi B dimana SDN akreditasi A lebih baik daripada SDN akreditasi B, hal tersebut dikarenakan dua komponen kelincahan dan koordinasi akreditasi A lebih baik daripada SDN akreditasi B. Namun  tidak ada perbedaan yang signifikan pada komponen keseimbangan dan  dan kecepatan antara siswa SDN akreditasi A dengan siswa SDN akreditasi B.

Kata Kunci :kemampuan motorik, akreditasi A, dan akreditasi B

Abstract

Education is one of the learning process which can stimulate the achievement of the goal of learning. This process can be achieve by the student with the most fun technique. One of which is motion games which applied in sport education, here sport education looks like unpopular in elementry school based on the growing level in the aspect of cognitive, motoric, and affective.

The purpose of this research is to know the differences of motoric skills between “Accreditation A” students and “Accreditation B” students. This research is using  the population of students in elementary school fifth grade in  kecamatan Bungah kabupaten Gresik. With purposive random sampling. The technique of analysis are using mean, standart deviasion, T-score, normality check, and T-check.

The result of the research is we know the value of t-hitung motoric skills with mann withney test the result is Z= -0,310  and asymp . sig. (2-tailed) 0,757. Therefore H0 is reject an H1 is accepted with the signification 0,05. Thus we can conclude that there are differences between “Accditation A” student and “Accreditation B” student. As the result are ”Accreditaion A” student is much more better than “Accreditation B” student. 

There is a significant difference yan motor skills among students “Accredidation A”student elementary school be better than “Accredidation B” school, it is because the two components of agility and coordination of “Accreditation A” better than “Accreditation B”. But there was no significant difference the components and the balance between the speed and students with student elementary school “Accreditation A” school and “Accreditation B” school.

Keywords: motor skills, accreditation A, and accreditation B

Published
2015-12-21
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 22