PENGARUH OLAHRAGA PERMAINAN REKREATIF DALAM MENINGKATKAN GERAK DASAR MANIPULATIF (MENENDANG) SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (Studi pada Siswa Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Alpa Kumara Wardana II Surabaya)

  • RACHMI PRAWATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani adaptif adalah sebuah program yang bersifat individual yang meliputi fisik atau jasmani, kebugaran, pola gerak dan keterampilan gerak dasar, keterampilan dalam aktivitas air, menari, permainan olahraga baik individu maupun beregu yang didesain bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam pendidikan jasmani adaptif salah satu aktifitas yang cocok dengan jenis kecacatan tunagrahita adalah melalui pemainan olahraga. Permainan merupakan aktivitas sosial utama pada anak-anak. Dalam hal ini adalah permainan rekreasi yang diharapkan mampu meningkatkan gerak dasar manipulatif siswa tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan rekreasi dalam meningkatkan gerak dasar manipulatif khususnya menendang bagi siswa tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Alpa Kumara Wardana II Surabaya. Penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest – posttest design. Populasi dan sampel dari peneltian ini adalah seluruh siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Luar Biasa Alpa Kumara Wardana II Surabaya yang sebanyak 12 siswa. 3 siswa kelas 5 dan 9 siswa kelas 6. Untuk mendapatkan hasil aktifitas gerak dasar manpulatif digunakan bentuk performence test yaitu tes menendang bola kearah gawang. Berdasarkan perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut, perbedaan hasil pretest dan posttest menendang bola ke arah gawang adalah sebesar 1,510. Karena X2 hitung lebih kecil dari X2 tabel (1,510 < 3,841) dengan taraf signifikasi 5% pada df 1, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan permainan rekreasi dalam meningkatkan gerak dasar manipulatif siswa tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Alpa Kumara Wardana II Surabaya setelah diberikan permainan menjatuhkan botol dengan menendang bola.

Kata Kunci : Olahraga Permainan Rekreatif, Gerak Dasar Manipulati, Tunagrahita ringan 

Abstract

Adaptive Physical Education is an individual program that includes physical or physical fitness, movement patterns, and basic movement skills, skills in water activities, dancing, games both individual and team sport designed for children with special needs. In the adaptive physical education onea ctivity that matches the type of mental retardation disability is a sport game. The game is a major social activity in children. In this case is a recreational game that is expected to increase students' basic motion manipulative mild mental retardation disability. The purpose of this study was to determine how much influence the recreational game in improving basic manipulative especially kicking motion for mild mental retardation disability students in Extraordinary Alpa Kumara Wardana elementary schools II Surabaya. This study isa quasi-experimental research design with one group pretest-posttest design. Population and sample of this research a reall the 5th and the 6th graders Extraordinary Alpa Kumara Wardana Elementary School II Surabaya that as many as 12 students. 3 students in the 5th grade and 9 students in the 6th grade. To get the basic motion activities manipulative used form of performancetestis a testto kickthe balltowardsthe goal.

Based on thecalculation ofthe dataobtainedthe following results, differences inpretest and posttestresults ofkickingthe ballinto the netamounted to1,510. BecauseX2 countis smallerthanX2table(1.510 <3.841) with asignificance level of5% ondf1, then Hois acceptedandHarejected.

So it can be concluded that there is no significant influence of larning using recreational game in improving students’ basic motion manipulative of mild mental retardation disability students in Alpa Kumara Wardana Elementary School II Surabaya after giving a game by kicking the ball dropping bottles.

Keywords: recreationalgames, the basic motionmanipulative, mildmental retardation disability.

Published
2015-12-21
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 808