PERBANDINGAN PELAKSANAAN PPL TAHUN 2013 DENGAN PPP TAHUN 2014 MAHASISWA FIK UNESA (Studi pada SMP, SMA dan SMK yang menjadi mitra P3G Unesa di Surabaya)

  • ARDHO GONGGO WICAKSONO

Abstract

Abstrak

Menurut Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa pemenuhan kompetensi guru sebagai agen pembelajaran dilakukan melalui pendidikan profesi. Sementara itu Permendiknas No.8 tahun 2009, tentang Program Pendidikan Profesi Guru, menyebutkan bahwa setiap tenaga kependidikan utamanya guru harus memiliki empat kompetensi dasar yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan PPL dengan PPP mahasiswa FIK UNESA dan program mana yang pelaksanaannya lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimen menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian komparatif Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah semua daerah yang bekerjasama dengan unesa dalam pelaksanaan PPL 2013 dan PPP 2014 dan sampel dalam penelitian ini adalah sekolah mitra P3G yang pernah digunakan untuk melaksanakan PPL 2013 dan PPP 2014 berjumlah 1 SMP, 4 SMA, dan 6 SMK. Sehingga semuanya berjumlah 11 Sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, mengacu pada angket kuisoner menunjukkan program PPL tahun 2013 lebih baik dari PPP tahun 2014, hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t tabel < t hitung (2,179< 2,690). Sedangkan Mengacu pada nilai masing-masing sekolah menunjukkan bahwa program PPP tahun 2014 lebih baik dari PPL tahun 2013, hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t tabel < t hitung (2,179< -4,775).

Kata Kunci : PPL (Program Pengalaman Lapangan), PPP (Program Pengelolaan Pembelajaran).

Abstract

According to Law No. 14 Year 2005 on Teachers and Lecturers, Article 10 paragraph (1) states that compliance with the competence of teachers as agents of learning is done through professional education. Meanwhile Permendiknas 8 in 2009, on Professional Teacher Education Program, says that every primary teacher education personnel should have four basic competencies, namely pedagogical, professional competence, personal competence and social competence.

The purpose of this study was to determine differences in the implementation of the PPL with the PPP by FIK students UNESA and which program implementation is better. This type of research is non-experimental research using quantitative descriptive approach using comparative research design. While the population in this study are all areas in cooperation with Surabaya in the implementation of PPP PPL in 2013 and 2014 and the sample in this study is P3G partner schools that have been used to implement PPP PPL in 2013 and 2014 amounted to 1 junior high, high school 4, and 6 SMK. So that altogether 11 schools. 

Based on the results of this study concluded that, referring to the questionnaire indicate PPL program in 2013 better than the PPP in 2014, it can be proved from the calculation of the t test showed that the value of t table <t (2.179 <2.690). While Referring to the value of each school showed that the PPP program in 2014 better than the PPL in 2013, it can be proved from the calculation of the t test showed that the value of t table <t (2.179 <-4.775).

Keywords: The PPL ( program field experience ), PPP ( management programs learning )

Published
2016-01-12
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 35