PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET (Studi Pada Kelas SMA Negeri 1 Soko )

  • MULYO UTOMO

Abstract

Abstrak

Pembelajaran pada dasarnya adalah suatu upaya mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik menjadi suatu yang aktual. Sehingga pengembangan potensi tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah. Untuk mencapai hasil belajar siswa pada tingkat yang optimal, guru olahraga diharapkan untuk menggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan kreatif. Salah satunya dengan cara pemberian reward terhadap siswa yang sudah berhasil menuntaskan dengan baik dalam proses pembelajaran. Pada sekolah menengah atas   teradapat beragai perainan bola besar salah satunya bola baket. Bola basket merupakan permainan yang membutuhkan intensitas gerak siswa lebih banyak dan baik untuk kebugaran. Dalam permainan bola basket terdapat berbagai teknik dasar, diantaranya adalah 1.Menggiring bola (dribble) 2.Mengoper (passing), 3. Menembak (shooting) dan 4.Olah kaki (Footwork). Untuk melakukan shooting dibutuhkan koordinasi antara mata tangan dan kaki. Berdasarkan pengalaman peneliti waktu praktek pengalaman lapangan (PPL), peneliti menemukan permasalahan yang dialami siswa dalam melakukan shooting. Saat melakukan shooting siswa kesulitan dan kurang  termotivasi untuk melakukan shooting saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sehingga peneliti menerapkan pemberian reward dalam penelitiannya. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui Apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran shooting bola basket  pada siswa XI di SMA Negeri 1 Soko. 2. Mengetahui besarnya pengaruh pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran shooting bola basket  pada siswa XI di SMA Negeri 1 Soko. Setelah melakukan penelitian selama 4 minggu yang terbagi dalam 4 kali pertemuan baik nk kelompok eksperimen dan maupun kelompok kontrol. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemberian motivasi ekstrinsik berupa hadiah ternyata memberikan peningkatan signifikan pada siswa kelompok eksperimen sebesar 70,59% dan siswa kelompok kontrol sebesar 45,22%. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan hadiah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil shooting bola basket pada kelompok eksperimen dibandingan dengan kelompok kontrol.

Kata Kunci : reward, hasil belajar, shooting, bola basket.

Abstract

Learning is essentially an effort to develop the potential of students to be an actual. So that the development of this potential can be done through teaching and learning in schools. To achieve the learning outcomes of students at an optimal level, sports teachers are expected to use learning methods that make students more active and creative. One way to reward students who have successfully completed the well in the learning process. At the high school teradapat perainan beragai great ball one ball Baket. Basketball is a game that requires more intensity the student movement and good for fitness. In a basketball game there are many basic techniques, which are 1.Menggiring ball (dribble) 2.Mengoper (passing), 3. Shooting (shooting) and 4.Olah feet (Footwork). To perform shooting eye coordination is needed between the hands and feet. Based on the experience of researchers time practice field experience (ppl), researchers found that the problems experienced by students in doing the shooting. So the researchers applied the reward system in the research.

The purpose of this study was 1. Knowing Is there any influence of the reward system to the learning outcomes of students in learning basketball shooting at XI students in Senior High School 1 Soko. 2. Knowing the magnitude of the effect the effect of reward on learning outcomes of students in learning basketball shooting at XI student at Senior High School 1 Soko

After doing research for 4 weeks and is divided into 4 meetings both nk and the experimental group or the control group. Researchers were able to conclude that administration of extrinsic motivation in the form of gift turned out to provide a significant increase in the experimental group students by 70.59% and the control group students by 45.22%. It is proved that the use of gift giving significant influence on the results of shooting the basketball in the experimental group compared with the control group.

Keywords : Reward, relust, shooting, basketball.

Published
2016-01-12
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 282