MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI DI SD NEGERI MOJO VI 225 SURABAYA

  • SAFRI JUSUF

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan tersebut. Tujuan pendidikan jasmani bukan hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani dan olah raga. Agar standar kompetensi pembelajaran pendidikan jasmani dapat terlaksana sesuai dengan pedoman, maksud dan juga tujuan sebagaimana yang ada dalam kurikulum, maka guru pendidikan jasmani harus mampu membuat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Untuk itu perlu adanya pendekatan, variasi maupun modifikasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode permainan dapat meningkatkan kesegaran jasmani, dibanding sebelum Siklus I dan siklus sebelum menggunakan metode permainan dalam meningkatkan kesegaran jasmani pada siswa Kelas V. Data menunjukkan sebelum diadakan tindakan kelas melalui tahapan-tahapan siklus, refleksi, rekomendasi dan catatan lapangan nilai rata-rata mencapai 59%. Hasil evaluasi belajar Siklus I mencapai nilai rata-rata 75.43%, nilai rata-rata pada Siklus II mencapai nilai rata-rata 80.33%. Berarti dari sebelum Siklus 1 ada kenaikan 16.59%, kemudian dari Siklus I tahap Siklus II nilai ada kenaikan nilai rata-rata 4.77% dapat dikatakan berhasil, berarti penggunaan metode permainan dapat meningkatkan kesegaran jasmani.

Kata Kunci: Permainan bola voli, peningkatan kesegaran jasmani.

Abstract

Physical education is essentially an integral part of the education system as a whole. Therefore, implementation of physical education should be directed at achieving these goals. The purpose of physical education is not only to develop the physical realm, but also to develop aspects of health, physical fitness, critical thinking skills, emotional stability, social skills, reasoning and moral action through physical activity and sport. In order for learning competency standards of physical education can be accomplished in accordance with the guidelines, goals and objectives as well as in the curriculum, the physical education teacher should be able to make learning effective and fun. For that we need the approach, variation or modification in learning. Based on observations and student evaluation results show that the use of the method can improve the physical fitness game, compared to before the first cycle and cycles before using the game to improve students' physical fitness in Class V. Data  show  prior  to e ach class  action  through the stages of the cycle, reflections,  recommendations  and  field notes the average  value  reached  59 %. Evaluation  of  learning outcomes  Cycle I reach an average  value of 75.43 %,  the average value of the Cycle  II  reaches  an  average  value  of 80.33 %. Means of pre- existing Cycle 1 % rise in 16:59, then  from  the  Cycle  I  Cycle  II phase  values ​​there increase the average value of 4.77 %   can   be said to   be successful,  meaning the use of games can increase physicalfitness.

Keywords: volleyball game, improved physical fitness.

Published
2016-01-12
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 181