MENINGKATKAN PASING BOLAVOLI MELALUI PERMAINAN LEMPAR TANGKAP BOLA (Studi pada Siswa Kelas VI SDN Sambikerep II/480 Tahun Pelajaran 2012/2013)

  • SUPARNI

Abstract

Abstrak

Permainan bolavoli memerlukan koordinasi gerak dasar antara lain pasing bawah, pasing atas dan smes dengan demikian semakin baik tingkat penugasan koordinasi gerak dasar siswa akan semakin mudah dalam mempelajari kemampuan bermain bolavoli. Bermain lempar tangkap bola voli merupakan suatu metode atau pendekatan belajar yang dapat membantu kesulitan siswa dalam pembelajaran bolavoli khususnya koordinasi gerak dasar pasing bawah, pasing atas dan smes sehingga melalui bermain lempar tangkap bola voli diharapkan pula dapat membantu guru dalam pembelajarannya dan diharapkan dapat membantu guru dalam menemukan metode belajar yang tepat, benar dan menarik bagi siswa sehingga proses pembelajaran tercapai ketuntasan belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan pengaruh permainan lempar tangkap bola terhadap peningkatan keterampilan pasing siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Sambikerep II/480 Surabaya sebanyak 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan dari siklus ke siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pengukuran hasil belajar siswa pada masingĀ­-masing siklus. Penilaian hasil belajar diukur meliputi: pengamatan pada siswa dan pengamatan pada guru.

Hasil penelitian yang didapat adalah permainan lempar tangkap bola voli dapat meningkatkan pengaruh yang sangat baik (signifikan) terhadap koordinasi gerak dasar dalam pembelajaran tangkap bola voli sebesar 75% sebanyak 25 siswa.

Kata Kunci: Pasing, Permainan, Lempar Tangkap.

Abstract

Volleyball game requires coordination among other pasing basic motion down, up and smash pasing thus the better the level of basic motor coordination assignments students will more easily learn it the ability to play volleyball. Volleyball playing catch is a method or approach to learning that can assist students in learning difficulties, especially volleyball pasing basic motor coordination down, pasing up and smash that through playing catch volleyball is also expected to assist teachers in learning and are expected to assist teachers in finding the right method of learning, true and interesting for the students so that the learning process is achieved mastery learning.

The purpose of this study was to determine the effect of the increase and catching a ball toss game to increase students' skills pasing. This type of research is a classroom action research. The sample in this study were students of class VI SDN Sambikerep II / 480 Surabaya total of 39 students. Type of research is a classroom action research (CAR), which are continuous and continuously from cycle to cycle. Data was collected through observation and measurement of student learning outcomes in each cycle. Assessment of learning outcomes measured include: observation of the student and teacher observations.

The results obtained were caught throwing a game of volleyball can increase very good influence (significant) to the basic motor coordination in learning volleyball catch by 75% by 25 students.

Keywords: Passing, Games, Throw Catch.

Published
2016-01-12
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 130