PENERAPAN METODE BERMAIN TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Slempit Kedamean Gresik)

Authors

  • NUSA IDAMAN

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani. Untuk mencapai tujuan aktivitas gerak yang seluas-luasnya maka perlu adanya metode-metode baru guna menunjang pencapaian aktivitas tersebut. Pada saat ini dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, para guru masih menggunakan metode pembelajaran yang standar umum, jadi pada proses belajar mengajar masih kurang lancar dan tidak ada pengembangan, serta kurangnya pengayaan gerak sehingga anak didik kurang timbul rasa senang dan gembira. Akhirnya anak didik dalam mengikuti pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah menjadi bosan dan kurang berminat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan minat belajar siswa pada pelajaranpendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan melalui penerapan metode pembelajaran bermain. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Slempit Kedamean Gresik dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 61 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif dan komparatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner skala likert dengan pilihan ganda. Hasil analisa uji-t paired sample t-test didapatkan nilai t_hitung 12,114 > 1,671 t_tabel. Hal ini dapat dikatakan bahwa ada pengaruh signifikan penerapan metode bermain terhadap minat siswa kelas V SDN 2 Slempit Kedamean Gresik dalam proses pembelajaran PJOK dengan taraf signifikan 0,05 dan besarnya pengaruh penerapan metode pembelajaran bermain terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 2 Slempit Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan sebesar 23,219%.

Kata Kunci: Metode Bermain, Minat Belajar

Abstract 

Physical education , sport and health education is the process through physical activity and also an educational proses to improve physical capability. To achieve the goal of motion activity need new methods to support the achievement of these activities, teachers still use a common standard teaching methods, so leaarning process is still use a common standard and there is no development, and lack of enrichment motion so that the students lack of interest.

The purpose of this study was to determine the extent of the increase in student interest in the subject of physical education, sport and health throught the application of role play methods. The target of this research is the fifth grade students of SD Negeri 2 Slempit Kedamean Gresik and the number of samples taken as many as 61 students. The methods of this analysis method using statistical methods of quantitative descriptive and comparative, while the process of data collection is done by using a questionnaire of Likert scale questionnaire with multiple choice.

T-test analysis results of paired sample t-test is obtained t_hitung 12,114 > 1,671 t_tabel. It can be said that there is significant influence on the implementation of role play method with interested student in fifth grade SDN 2 Slempit Kedamean Gresik in teaching of PJOK with level significant 0,05 and that is give influence for study interested of fifth grade SDN 2 Slempit Kedamean Gresik in teaching physical education, sport and heatlh at 23,219%. 

Keywords: role  methods, interest in learning 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-12
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 88