PERBANDINGAN SPORTIVITAS ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLA VOLI DENGAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK SUNAN GIRI MENGANTI

  • ANAS JUNAEDI

Abstract

Abstrak

Peran seorang guru sangat penting dalam proses suatu pembelajaran. Karena tujuan pembelajaran adalah untuk menambah kemampuan peserta didik dari yang tidak bisa menjadi bisa dan membentuk karakter siswa yang kurang baik menjadi lebih baik. Ekstrakurikuler merupakan salah satu sarana untuk membentuk karakter peserta didik agar mempunyai sikap sportif dalam berolahraga. Dalam penelitian ini, peneliti ingin membandingkan sportivitas antara ekstrakurikuler bola voli dengan ekstrakurikuler futsal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbandingan sportivitas antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dengan ekstrakurikuler futsal pada siswa SMK Sunan Giri Menganti. (2) Besarnya perbandingan sportivitas antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dengan ekstrakurikuler futsal di SMK Sunsn Giri Menganti. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, tidak menggunakan sampel atau disebut penelitian populasi. Dari hasil penelitian secara umum dan berdasarkan perhitungan analisis data, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada siswa yag mengikuti ekstrakurikuler bola voli dengan futsal dibuktikan dengan hasil thitung<ttable (1,701<1,703). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dengan futsal di SMK Sunan Giri Menganti.

Kata Kunci : Sportivitas, Ekstrakurikuler

Abstract

The role of a teacher is very important in a learning process. Because the purpose of learning is to change the ability of learners of which could not be able to and shape the character of students is not good for the better. Extracurricular is one means for shaping the character of students to have an attitude of sportsmanship in sports. In this study, researchers wanted to compare the sportsmanship between extracurricular volleyball with extracurricular futsal. This study aims to determine: (1) Comparison of sportsmanship among students who take extracurricular volleyball with extracurricular futsal at Sunan Giri Menganti vocational students. (2) The amount of sportsmanship comparison between students who take extracurricular extracurricular volleyball with futsal in vocational Sunan Giri Menganti. This research is non experiment with quantitative approach. In this study, do not use a sample or called population research. From the results of research in general and is based on the calculation of data analysis, it can be concluded that there was no significant difference in students' extracurricular volleyball Yag followed by futsal evidenced by the tresults   < t table (1.701 <1.703). It can be concluded that there was no significant difference between students who take extracurricular volleyball with futsal in vocational Sunan Giri Menganti.

Keywords : Sportsmanship, Extracurricular

Published
2016-01-18
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 42