ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBUATAN RPP KURIKULUM 2013 DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN OLAHRAGA (PJOK) SE-KECAMATAN GUNUNGANYAR KOTA SURABAYA (Studi Pada Guru PJOK SD Negeri Kelas IV Semester Genap Se-Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya)
Abstract
Abstrak
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Seorang guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan juga harus mampu dalam membuat perencanaan dalam pembelajaran, salah satunya adalah rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dengan beberapa pertemuan atau tatap muka. Selain itu juga, seorang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan juga harus dapat melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajarannya. Dalam kurikulum 2013 tentunya terdapat berbagai kompetensi yang harus diterapkan oleh guru dan harus dipenuhi oleh peserta didik untuk terwujudnya sumber daya manusia yang lebih baik dan maju. Di Kecamatan Gunung Anyar terdapat 4 Sekolah Dasar Negeri yaitu: SDN Gununganyar 273, SDN Rungkut Menanggal I/582, SDN Rungkut Menanggal II/583, dan SDN Gununganyar Tambak 628. Jadi seluruhnya dapat diteliti tetapi untuk instrumen penilaian perencanaan pembelajaran dan penilaian pelaksanaan pembelajaran setiap sekolah hanya diambil 1 guru pendidikan jasmani pada kelas 4 dari setiap SD Negeri se-Kecamatan Gunung Anyar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diambil, hasil analisis guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan SD Negeri se-Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya dalam pembuatan pencana pelaksanaan pembelajarann nilainya adalah 30,24 dengan persentase 75,62% dan dapat dikatakan dalam kategori baik. Kemudian untuk nilai pelaksanaan pembelajaran nilainya adalah 147,08 dengan persentase 71,75% dan dapat dikatakan dalam kategori baik.
Kata Kunci: Kemampuan guru, Rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
Abstract
Teacher is a profesional educator with their main task such as educating, teaching, guiding, directing, training, scoring, and evaluating the students pn early childhood education with formal education way, primary education, and secondary education. A physical education, sport, and health teacher should be able to make a plan in learning such as learning implementation plan. Learning implementation plan is learning tools which made by a techer in learning activities planning with some meetings or face to face. In addition, a physical education, sport, and health teacher should be able to do some learnings which is suitable with learning activites planning. In the curriculum of 2013, there are many kind of competencies that must be implemented by teachers and students have to fullfill it for the establishment of human resources to be better and advanced. In Gununganyar District, there are 4 public elementary schools. There are SDN Gununganyar 273, SDN Rungkut Menanggal I/582, SDN Rungkut Menanggal II/583, and SDN Gununganyar Tambak 628. So, all of them can be studied but for the instrument of assesment of learning plan and assesment of learning implementation in each school only taken one physical education teacher at class 4 from each elementary school at Gununganyar district. Based on the analysis of research data which is taken, the analysis results of physical education, sport, and health teacher of elementary school at Gununganyar district, Surabaya, in making of learning implementation plan, is 30,24 with a percentage of 75,62% and it can be said that the result is in good category. Then, the value of learning implementation is 147,08 with a percentage of 71,75% and it can be said that the result is in good category.
Keywords: Teacher’s ability, Curriculum of learning implementation plan 2013, Learning implementation of sport physical education, sport, and health.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

