IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SITUBONDO

  • AGUS RIFAN DWI K

Abstract

Abstract

Curriculum 2013 is the latest curriculum implemented by the government in mid-July 2013. Situbondo has implemented the curriculum in 2013 of the first implementation of this curriculum. Therefore, this study aims to determine the curriculum implementation in 2013 subjects physical education, sports, and health (PE) senior high school in Situbondo District. This research is a survey because this study using a questionnaire Monitoring Implementation of Curriculum 2013 as the data collection instruments. The population is all teacher  Class X, XI, and XII. But the sampling technique by means of purposive sampling that take teacher only class X and XI because it uses the curriculum of 2013. Analyzing data based on the calculation of the percentage of respondents. The results showed that the implementation of the curriculum in 2013 on the subject of physical education, sports, and health (PE) Senior High School in Situbondo District already well underway reaching average percentage 77.92%.

Keywords: Implementation of Curriculum 2013, PE.

Abstrak

Kurikulum 2013 adalah kurikulum terbaru yang diterapkan oleh pemerintah pada pertengahan bulan Juli 2013. Kabupaten Situbondo telah melaksanakan kurikulum 2013 dari pertama diterapkannya kurikulum ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di SMA Negeri se Kabupaten Situbondo.

Jenis penelitian ini adalah survei karena penelitian ini menggunakan angket Monitoring Implementasi Kurikulum 2013 sebagai instrumen pengumpulan data. Populasinya adalah  semua Guru PJOK kelas X, XI, dan XII. Tetapi teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling yaitu hanya menagambil Guru PJOK kelas X dan XI karena sudah menggunakan kurikulum 2013. Penganalisisan data didasarkan pada hasil perhitungan persentase dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di SMA Negeri se Kabupaten Situbondo sudah berjalan dengan baik mencapai rata-rata persentase 77,92%.

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, PJOK.

Published
2016-01-18
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 47