PERBANDINGAN KONDISI DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI MAHASISWA ANGKATAN 2013 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DI TAHUN 2013 DENGAN DI TAHUN 2015 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Angkatan 2013 Kelas C)

Authors

  • SYELVIA EDNA SAFITRI

Abstract

Abstrak

Kondisi daya tahan kardiorespirasi adalah suatu keadaan atau kesanggupan jantung (sistem peredaran darah) dan paru paru (sistem pernapasan) untuk berfungsi secara optimal saat melakukan aktivitas sehari-hari dalam waktu cukup lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Daya tahan sangat diperlukan oleh mahasiswa jurusan pendidikan olahraga. Untuk menyiapkan guru pendidikan jasmani yang berkapasitas dan berintegritas, maka secara individual menciptakan calon pendidik yang secara fisik mempunyai daya tahan yang baik atau mempunyai kebugaran yang baik. Mahasiswa jurusan pendidikan olahraga angkatan 2013 saat ini sudah menempuh perkulihan selama 3 semester, dengan jumlah mata kuliah sebanyak 29 buah yang  terdiri dari  9 mata kuliah praktek lapangan dan 20 mata kuliah  teori di dalam kelas.  Dengan jumlah mata kuliah teori yang lebih banyak dibandingkan dengan mata kuliah praktek lapangan maka mahasiswa jurusan pendidikan olahraga angkatan 2013 dapat mengalami adanya penurunan kondisi daya tahan. Untuk mengetahui kondisi daya tahan seseorang dapat dilakukan tes daya tahan, tes daya tahan kardiorespirasi menggunakan tes lari 2400 m, jalan cepat 4,8 km, harvard step test dan lain-lain. Tujuan  penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan kondisi daya tahan kardiorespirasi mahasiswa angkatan 2013 jurusan pendidikan olahraga di tahun 2013 dengan di tahun 2015 setelah mendapatkan materi perkuliahan selama 3 semester.  2) untuk mengetahui besarnya prosentase perbedaan kondisi daya tahan kardiorespirasi mahasiswa angkatan 2013 jurusan pendidikan olahraga di tahun 2013 dengan di tahun 2015. Penelitian ini menggunakan desain  penelitian jenis perbandingan.  Sampel penelitian diperoleh dari mahasiswa angkatan 2013 kelas C pada tahun 2013 dan tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). kondisi daya tahan kardiorespirasi mahasiswa angkatan 2013 jurusan pendidikan olahraga di tahun 2013 dengan di tahun 2015 setelah mendapatkan materi perkuliahan selama 3 semester menunjukan tidak ada perbedaan yang nyata pada signifikansi 0,05, 2). terdapat penurunan kondisi daya tahan kardiorespirasi mahasiswa angkatan 2013 di tahun 2015 dibandingkan di tahun 2013 yaitu sebesar 3,65 %. Hasil penurunan ini disebabkan karena  jumlah mata kuliah teori yang lebih banyak dibandingkan dengan mata kuliah praktek di lapangan. Sehingga mahasiswa angkatan 2013 tidak memiliki waktu yang lebih untuk menambah latihan dan aktivitas gerak mereka.

Kata Kunci : daya tahan kardiorespirasi dan mahasiswa angkatan 2013 C

Abstract

The cardiorespiration endurance is the condition when the heart and lungs to have optimum function when doing daily activities in a long period without having exhaust. The endurance is very important for the sport science students in order to prepare as sport teachers who have capacities and intregities. Thus, the expected teachers must have endurance and good physical condition. The students of sport science major have been studied for 3 semesters with 29 subjects to study. Those subjects divided into 9 practice subjects and 20 theoretical subjects taught in class. With those more theories subjects than practice. There is decreasing in the condition and endurance in the students 2013 year period. To check the condition of the endurance of somebody. It can be done with doing endurance test,cardiorespiration endurance using 2400 m run test, walk fast 4,8 km, Harvard step test and so on. The purpose of the research is 1). to know the differences between cardiorespiration endurance of 2013 year period students in 2013 and 2015 after got some lessons for 3 semesters, 2). to know the persentage of the differences between 2013 year period sport science students cardiorespiration endurance in 2013 and 2015. This research is using comparison research design type. Samples research are collected from 2013 year period students on class C in 2013 and 2015. The result of the research shows that 1). There are no differences with significance value 0,05 after received some lessons for 3 semesters in 2013 year period sport science students in 2013 and 2015, 2). There are small decreasing point in amount of 3,65 percent on 2013 year period students cardiorespiration endurance condition in 2015 compare to 2013. Those decreasing result cause of the more portion of theories subjects than practice subjects given to the students. In result,  2013 year period students do not have more time to improve themselves with practices because most subjects had been taught in the class rather than in the field or outdoor activities.

Keywords: cardiorespiration, endurance

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-18
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 35