PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi Pada Kelas V SDN Leminggir Kec. Mojosari Kab. Mojokerto)

  • BACHRUDIN HADI SANTOSO

Abstract

Abstrak

Motivasi merupakan daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau daya penggerak dari subyek untuk melakukan suatu perbuatan dalam suatu tujuan. Motivasi menentukan tingkat berhasil atau gagalnya kegiatan belajar siswa. Pembelajaran yang bermotivasi pada hakikatnya adalah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, dorongan, motif, minat yang ada pada diri siswa. Motivasi dalam pembelajaran yang dipengaruhi oleh penggerak, salah satunya adalah pemberian reward. Pemberian reward adalah bentuk pembelajaran bagi para tenaga pengajar atau guru khususnya pada bidang pelajaran yang menuntun siswa aktif dalam pembelajaran tersebut agar dapat tercipta suasana kegiatan belajar yang optimal. Siswa yang melakukan tingkah laku dengan di ikuti konsekuensi yang menyenangkan maka individu akan mengulangi tingkah laku itu sesering mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui Apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran service bawah bolavoli pada siswa SD Negeri Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. 2. Mengetahui besarnya pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran service bawah bolavoli pada siswa SD Negeri Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui perhitungan data menggunakan SPSS 21.0 menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji beda menunjukkan hasil t hitung 9,192 > t tabel 2,074 dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil uji hipotesis di atas, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar siswa dalam pembelajaran service bawah bolavoli. Dengan hasil perhitungan tersebut juga dapat diketahui bahwa pemberian reward dapat meningkatkan motivasi belajar service bawah bolavoli sebesar 13,36%.

Kata Kunci : Pemberian reward, motivasi, service bawah bolavoli.

Abstract

Motivation is an effort that encourages a person to do something or the driving force of the subject to perform an act within a goal. Motivation determines the success or failure rate of students'. Intrinsically motivated learning is learning according to the needs, drives, motives, interests that exist on students. Motivation in learning is affected by the movers, one of which is the reward. Reward is a reference of learning for teachers or teachers, especially in the field of learning that guides students actively in the learning atmosphere in order to create optimal learning activities. Students who perform behavior with unpleasant consequences that follow individuals will repeat the behavior as often as possible. The purpose of this study is 1. Knowing Is there a reward to influence student motivation in learning volleyball service under the Elementary School students Leminggir, Mojosari Subdistrict, District of Mojokerto. 2. Knowing how much influence the reward for students' motivation in learning volleyball service under the Elementary School students Leminggir, Mojosari Subdistrict, District of Mojokerto. Based on the results of research and through the calculation of the data using SPSS 21.0 shows that the results of the calculation of the average difference test showed the results of the t 9,192> t table 2.074 with 5% significan. It can be said that there is a significant effect on students' motivation in learning volleyball under service. With the results of these calculations can also be seen that the reward system can increase the motivation to learn volleyball under service at 13,36%.

Keywords: giving reward, motivation, volleyball  under service.

Published
2016-01-18
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 925