PERBANDINGAN KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA BERDASARKAN DENGAN KONDISI GEOGRAFIS (Studi pada Siswa Kelas V SDN 1 Sukosari, SDN 1 Pule dan SDN 1 Nglebeng)

  • LUQMAN ROSYIDI

Abstract

Abstrak 

Peran guru sebagai pihak yang berpengaruh terhadap perkembangan siswa harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak dasar, supaya perkembangan gerak siswa bisa maksimal. Salah satu faktor yang perlu di diperhatikan adalah lingkungan fisik. Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman letak geografis diantaranya adalah dataran rendah, dataran tinggi, dan daerah pesisir. Kondisi yang demikian ini ternyata mempunyai hubungan yang erat dengan aktivitas manusianya. Sehingga kemampuan gerak dasarnya kemungkinan berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan gerak dasar siswa kelas 5 SDN 1 Sukosari yang berada di dataran rendah, siswa kelas 5 SDN 1 Pule yang berada di dataran tinggi, dan siswa kelas 5 SDN 3 Nglebeng yang berada di daerah pesisir. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan menggunakan metode eks-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 1 Sukosari, siswa SDN 1 Pule, dan siswa SDN 3 Nglebeng. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sample atau sampel bertujuan, yang mengambil sampel kelas 5 saja. Untuk mengetahui tingkat kemampuan gerak dasar siswa diukur dengan Carpenter Motor ability tes. Analisis data yang digunakan Kruskal Wallis dengan analisis data lanjutan Mann Whitney. Berdasarkan hasil dari penelitian, diketahui bahwa rata-rata nilai kemampuan gerak dasar siswa kelas 5 SDN 1 Sukosari yang mewakili dataran rendah 31,45. Sedangkan pada siswa kelas 5 SDN 1 Pule yang mewakili dataran tinggi 40,47. Sedangkan untuk siswa kelas 5 SDN 3 Nglebeng yang mewakili daerah pesisir 49,90. Dengan penghitungan melalui program SPSS 20.0 diketahui bahwa nilai signifikansi 0,021 yang berarti jika nilai sig < alpha (0,05) maka Ho tidak diterima karena terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kemampuan gerak dasar.

Kata Kunci : Kemampuan gerak dasar, kondisi geografis

 Abstract

The teacher's role as the party that influence the development of students should pay attention to the factors that influence the motion of the base, so that the development of the student movement can be maximized. One factor that needs to be considered is the physical environment. Indonesia is a country that has a diversity of geographical location including the lowlands, highlands, and coastal areas. This condition turns out to have a close relationship with human activity. So the ability of motion essentially distinct possibility.The purpose of this study was to determine differences in basic motor skills 5th grade students at SDN 1 Sukosari are located in the lowlands, the Grade 5 students at SDN 1 Pule is located in the highlands, and fifth grade students of SDN 3 Nglebeng residing in coastal areas. This research is non experiment with using ex-post-facto. The population in this study were students at SDN 1 Sukosari, SDN 1 Pule students, and students of SDN 3 Nglebeng. This study used a technique aimed purposive sample or sample, which took samples 5th grade only. To determine the level of basic motor skills of students measured by Carpenter Motor ability tests. Analysis of the data used Kruskal Wallis with advanced data analysis Mann Whitney. Based on the results of the research, it is known that the average value of the basic motor skills 5th grade students at SDN 1 Sukosari representing lowland 31.45. While in the fifth grade students at SDN 1 Pule representing 40.47 plateau. As for the 5th grade students of SDN 3 Nglebeng 49.90 representing coastal regions. By counting by SPSS 20.0 is known that the significance value of 0.021, which means if the value of sig <alpha (0.05), then Ho is not acceptable because there is a significant proportion. It can be said that there is a significant comparison base level of motor skills.

Keywords: basic motion capability, geographical conditions 

Published
2016-01-18
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 39