PENGARUH AKTIVITAS GERAK PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KELINCAHAN SISWA (Studi Pada Siswa Kelas IV SDN Ngampelsari Candi, Kabupaten Sidoarjo)

  • SILVIA MARTHA AGUSTIN

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya anak-anak gemar bermain, bergerak, bernyanyi dan menari, baik dilakukan sendiri maupun berkelompok. Bermain adalah kegiatan untuk bersenang-senang yang terjadi secara alamiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan tradisional terhadap kelincahan gerak siswa kelas IV SDN Ngampelsari kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo. Dengan mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kelincahan siswa diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu, dalam usaha meningkatkan perkembangan gerak, khususnya kelincahan gerak dasar untuk siswa kelas IV SD serta dapat memperkenalkan permainan tradisional kepada siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu yaitu adanya perlakuan pada kelompok subjek tanpa adanya kelompok kontrol. Sasaran penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN Ngampelsari kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 54 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes lari bolak-balik (Perkembangan olahraga Terkini, 2003 : 27). Adapun data tentang kelincahan tersebut setelah dilakukan tes lari bolak balik oleh peneliti sebagai data post-test. Teknik analisis data menggunakan T-test dengan dibantu menggunakan Program SPSS (Statistical Package For Social Science) dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari data yang terkumpul, diolah dan di analisa, rata-rata bahwa hasil penelitian menunjukkan nilai p = 0,000(p < 0,05) artinya ada pengaruh yang signifikan permainan tradisional yaitu permainan beteng-betengan dan gobak to door terhadap kelincahan siswa kelas IV SDN Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Kata Kunci : Kelincahan, Permainan Tradisional

Abstract

Basically kids like to play, move, sing, dance, both individually and group. Playing is an activity to having fun that occurs naturally. The purpose of the research is to determine wheather there is influence of traditional game towards the agility of elementary school state Ngampelsari for 4th grade student or not. By determining in influence of traditional game toward the student agility with the approach of giving the example of distribution to the science developer within trying increase the movement developing expecially basic movement agility for 4th grade student and also able to introduce the traditional game to them. This research is quantitative research by using appearance experimental approach which there is treatment to a primary group without controllable group. The target of the research is for 54 of 4th grade student of elementary school state Ngampelsari. The instrument that used is back and forth running test (sport development nowadays, 2003 : 27) Data analysis technic uses T-test and helped by using SPSS program with 95% trustness level. From the data that has been collected processed and analyzed, the average result of the research shows that p = 0,000 (p < 0,05) it means that there is a signifivant influence to traditional game such as fortifications in Indonesian is go back to door towards the 4th student agility in elementary school stateĀ  Ngampelsari. The conclusion within this research there is same treatment giving the influence towards increasing of student aqility in elementary school stateĀ  Ngampelsari.

Keywords : Agility, Traditional Game

Published
2016-01-18
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 293