PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS BAWAH SDLB TUNAS MULYA SEMEMI SURABAYA

  • DENNY TRI BUDI PRAKARSO

Abstract

Abstrak

Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan posisi tubuh ketika di tempatkan diberbagai posisi, keseimbangan ada dua jenis yaitu keseimbangan diam dan keseimbngan dinamis. Keseimbangan dapat di miliki oleh setiap orang apabila di iringi dengan keseiapan sistem saraf, kekuatan otot untuk menopang berat tubuh dan kesetabilan yang tinggi serta latihan yang tepat. Akan tetapi kesiapan seperti itu orang satu dengan orang lain berbeda, apalagi anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu perkembangan sistem saraf mereka cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan anak normal. Maka dari itu guru penjas adaptif di tuntut harus lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Karena keseimbangan merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki setiap anak agar mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik, guru harus mampu menentukan metode yang tepat dalam menyampaikan materi ajarnya supaya tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara maksimal. Penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan salah satu cara efektif untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media permainan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan permainan tradisional dapat membantu keseimbangan pada anak tunarungu pada siswa kelas kelas bawah SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas bawah SDLB Tunas Mulya Sememi, Surabaya. Cara menentukan sampel dengan menggunakan purposivie sampling yaitu semua siswa kelas bawah SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya yang memiliki klasifikasi kekhususnya tunarungu yang berjumlah 9 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perubahan dari penerapan permain tradisional terhadap keseimbangan pada anak tunarungu kelas bawah SDLB Tunas Mulya Sememi, Surabya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (7,51 > 2,306).

Kata Kunci : Keseimbangan pada anak tunarungu dan permainan tradisional

Abstract

Balancing is skill to standing position of body when put it on different position. Two types of balancing are static balancing and dynamic balancing. Every people have balancing if their nerve system well ready, strength muscle to prop up the weight and high stability also appropriate training. But one people to other is different, especially children with special need development of their nerve system are longer than normal children. So, sport adaptive teacher should more creative innovative in learning. Because balancing is important thing to children to do activity. Teacher need to find a method to deliver the material which could deliver the learning purpose. Using media learning to deliver the material to students is more effective. Using traditional games as media is one of the way. The research purpose is to know what will the traditional games help balancing to deaf children inside the low class at SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya. This research using quasi experiment research which use research design one group pretest-posttest design. The population are whole student in the low class at . SDLB Tunas Mulya Sememi, Surabaya. To determine the sample using purposivie sampling is a whole students in the low class  SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya which have classification especially nine deaf students. Based on the research which conclude there are transformation from applying traditional game to the balancing of deaf students in the low class SDLB Tunas Mulya Sememi, Surabaya. It prove by the calculating results of test t which showing of score t calculate > t tabel (7,51 > 2,306).

Key word : balancing to deaf students and traditional games. 

Published
2016-01-18
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 60