IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF SISWA KELAS X SMAN 1 KEDIRI

  • MOH ALFAN HABIBI

Abstract

Abstrak

Partisipasi aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran adalah hal yang sangat penting karena dengan keaktifan siswa dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran merupakan salah satu indikator tercapainya kompetensi. Khusus di pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK), partisipasi aktif siswa menitikberatkan pada keaktivan siswa dalam mengikuti setiap aktivitas belajar gerak. Partisipasi aktif siswa dapat ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menarik salah satunya dengan menerapkan permainan tradisional. Dengan penerapan permainan tradisional tersebut diharapkan mampu membuat siswa senang sehingga mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK di kelas X-MIA-C SMAN 1 Kediri tahun pelajaran 2014/2015 dan (2) peningkatan partisipasi aktif siswa selama pembelajaran melalui implementasi permainan tradisional siswa kelas X-MIA-C SMAN 1 Kediri tahun pelajaran 2014/2015.  Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi melalui instrumen Analisa Proporsi Fokus (APF). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA-C SMAN 1 Kediri dan jumlah sampel yang diambil adalah 33 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari implementasi permainan tradisional terhadap peningkatan partisipasi aktif siswa yang dibuktikan dengan hasil chi-square hitung > chi-square tabel (58> 41,337) dengan prosentase peningkatan sebesar 88,76%.

Kata Kunci : permainan tradisional, partisipasi aktif siswa.

Abstract

Student’s involvement in following learning is the important aspect because the student’s involvement in following every learning stage is one of indicators to achieve the competency. In physical education, sports, and health learning, student’s involvement focuses on the activeness of students in joining each learning activity motion. Involvement of students can be increased with innovative learning and interesting activity, one of them is by applying traditional games. By applying traditional games, it is expected to make students happy so they can increase the involvement. The purpose of this study is to get description about (1) Implementation of traditional games within physical education, sports, and health learning in class X-MIA-C SMAN 1 Kediri 2014/2015 and (2) enhancement of student’s involvement for learning through traditional games implementation on X-MIA-C SMAN 1 Kediri2014/2015. This research method is used quantitative descriptive. The data is collected using observation technique by Proportion Analysis Focus instrument. The target of this research is students on X-MIA-C SMAN 1 Kediri the number of sample taken is 33 students. This type of study is aquasi-experimental research, which is designed one group pre-test post-test design.    The result of this research shows that there is a significant impact by applying traditional games which is proven with the result of chi-square count > chi-square table (58 > 41,337) with increasing 88.76%.

Keywords             : traditional games, student’s involvement.

Published
2016-01-20
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 247