HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS VI SDN KALIPECABEAN CANDI SIDOARJO

  • ARIF DWI WAHYUDI

Abstract

Abstrak

Hubungan emosional antara orang tua dan anak akan berpengaruh dalam keberhasilan belajar anak. Biasanya setiap orang tua mempunyai spesifikasi pola asuh terhadap anaknya. Jika orang tua menerapkan pola asuh secara efektif, anak akan tumbuh dengan baik dan mengalami perubahan yang positif pada diri mereka sesuai yang diharapkan sehingga kegiatan atau aktifitas yang dilakukan anak tidak menghawatirkan saat di luar pantauan orang tua. Pola asuh orang tua adalah salah satu faktor dan aspek penting yang dapat mendukung perilaku siswa untuk berprestasi. Pola asuh orang tua juga berpengaruh terhadap pengembangan intelektual siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa kelas VI SDN Kalipecabean Candi Sidoarjo, Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriftif dan desain penelitian yang digunakan korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 6 yang berjumlah 98. Teknik sampling menggunakan cluster  random sampling, sehingga terpilih kelas VI dengan jumlah sebanyak 34 siswa. Data dalam penelitian ini diambil melalui angket pola asuh dan nilai raport penjas. Analisis data menggunakan koefisien kontingensi. Berdasarkan hasil penelitian dari sampel yang berjumlah 34 siswa, siswa tergolong dalam tipe pola asuh 3 dengan jumlah sebesar 28 siswa dengan rincian 7 siswa kategori prestasi belajar cukup, 15 siswa kategori prestasi belajar baik, 6 siswa kategori prestasi belajar sangat baik, siswa tergolong dalam tipe pola asuh 2 dengan jumlah sebesar 4 siswa dengan rincian 1 siswa kategori prestasi belajar cukup, 2 siswa kategori prestasi belajar baik, 1 siswa kategori prestasi belajar sangat baik, siswa tergolong dalam tipe pola asuh 1 dan 4 dengan jumlah sebesar 1 siswa dengan rincian 1 siswa kategori prestasi belajar cukup, sedangkan untuk siswa kategori prestasi belajar baik dan sangat baik tidak ada. Kemudian dari analisis koefisien kontingensi didapatkan hasil sebesar 0,362 Jadi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Kalipecabean Candi Sidoarjo dengan sumbangan sebesar 1,31% dan sisanya 98,86% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Kata Kunci : pola asuh orang tua, prestasi belajar

Abstract

Emotional relationship between parents and children will affect children's achievement. Generally, parents have specific parenting behavior toward their children. If they effectively apply the parenting, the child will grow up with good and positive changes in themselves as expected so the activities which children doing outside the parents monitoring will not necessary to be worried. Parenting behavior plays a significant role in supporting student to gain academic achievements. Moreover, parenting behavior also affects the student’s intelligence. The purpose of this study to determine the relationship between parenting behavior with academic achievement of physical students of 6th grades students in SDN Kalipecabean Candi Sidoarjo, In this study, the researcher uses two types of descriptive research and correlational research design. The populations in this study are 98 6th grades students. The sampling technique using cluster random sampling, the 6th C grade which consist of 34 students as the main role. The data in this study were taken through a questionnaire parenting behavior and value report cards. The data analysis is using coefficient of contingency. Based on the results from the sample of 34 students, students are classified into three types of parenting behavior within 28 students,specifyat  7 students in enough of academic achievement category, 15 students are in good academic achievement, 6 students of academic achievement are in excellent category, students are classified into number 2 parenting behavior in the amount of 4 students which are 1 enough in academic achievement, of 2 good academic achievements students, and the last category is the excellent student, the student classified in first and fourth parenting behavior types and 1 student classified as an enough academic achievement, mean while none of them are in good and excellent academic achievements categories. And then the coefficient of contingency analysis results obtained for 0.362. So there is no significant relationship between parenting behavior within 6th grades student’s academic achievementsin SDN Kalipecabean Candi Sidoarjo with a contribution of 1.31% and the remaining 98.86% influenced by other factors.

Keywords: parenting behavior, academic achievement

Published
2016-01-20
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 81