PERBANDINGAN METODE PART PRACTICE DENGAN METODE WHOLE PRACTICE DALAM PEMBELAJARAN SHOOTING BOLA BASKET (STUDI PADA SISWA KELAS XI AK 3 DAN AK 2 YP SMK TRISILA SURABAYA)

  • BIJAK LAKSONO PUTRO

Abstract

Abstrak

Proses belajar mengajar merupakan rangkaian kegiatan mulai dari merencanakan, menyelenggarakan melaksanakan sampai kepada penilaiannya serta menyelenggarakan tindak lanjut apa dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam menyampaikan pembelajaran harus mempunyai metode yang sesuai agar dapat berjalan secara evektif, karena pembelajaran yang akan disampaikan adalah pembelajaran shooting bola basket yang mengandung unsur gerak, membutuhkan kerjasama antar individu untuk mencapai hasil belajar lebih baik, untuk itu peneliti membandingkan 2 metode part practice dengan metode whole practice mana metode yang lebih baik untuk pembelajaran shooting bola basket. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Apakah ada perbedaan hasil belajar shooting bola basket menggunakan metode part practice dengan metode whole practice.2. Seberapa besar perbandingan metode bagian dengan metode keseluruhan terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI YP SMK Trisila Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui perhitungan data menggunakan SPSS 20.0 menunjukkan bahwa perhitungan uji beda rata-rata, metode bagian dan metode keseluruhan. t-hitung> t-tabel (7,07 >1,69), maka Hipotesis kerja (Ha) diterima apabila t-hitung> t-tabel, Ho ditolak. Dan daritabel 4.4 di atas dapat memberikan penjelasan bahwa hasil perhitungan uji beda rata-rata metode keseluruhan menunjukkan hasil t-hitung> t-tabel (4,25 >1,69), maka Hipotesis kerja (Ha) diterima. Dari hasil uji hipotesis di atas, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada peningkatan hasil belajar shooting bola basket baik metode bagian dan metode keseluruhan pada siswa YP SMK Trisila Surabaya, siswa sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pemberian metode bagian atau metode keseluruhan. Dengan hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa metode bagian dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 12,8%. Sedangkan metode keseluruhan dapat meningkatkan hasil belajar  sebesar 8,45%. Dari data diatas  dapat disimpulkan bahwa metode bagian, lebih baik dari metode keseluruhan dalam pembelajaran shooting bola basket perbandinganya 12,8% untuk metode bagain dan 8,45% untuk metode keseluruhan.

Kata Kunci : Metode bagian, metode keseluruhan, perbandingan  pembelajaran Shooting bola basket.

Abstract

Learning and teachingprocess is combination that begin from planning, holding doing, until rating and step for learning and teaching activity. Or convey learning must has a appropriate metked so that learning can be effective, because learning that will be convey is a basketball shoot learning which has move substance. Need together ness between one and others to reach the better product learning because of that. Researcher compared part practice and whole practice to know the best method for basketball shoot learning. The purposes of this research are 1)is there any different of the result of basketball shooting learning with part practice and whole practice?  2) how big the amount of part practice and whole practice method comparison to basketball shooting learning result to 11th grade student of YP SMK Trisila Surabaya. Based on research result and through data calculation using SPSS 20.0 it show that mean difference test, part method and whole practice. tcount > ttable  (7.07 >1,69), so Ha can be accepted if tcount > ttable, Ho is rejected. And from table 4.4 above it can give explanation that from the maen calculation result of whole method show that tcount > ttable (4.25 > 1.69), so Ha is accepted. From the hypothesis test above, it can be said that there is significant effect on basketball shooting learning result improvement whether on part practice method and whole practice method to students of YP SMK Trisila Surabaya, student’s pretest and posttest of part and whole practice application. With those calculation results it can be known that part practice was able to improve learning results as big as 12.8%. while whole practice method can improve learning results as big as 8.45%. From data above, it can be conclude that part method, was better than whole method on basketball shooting learning whereas the comparison was 12.8% for part method and 8.45% for whole method.

Keywords : part method, whole method, basketball shooting learning comparison.

Published
2016-01-20
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 81