PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA TANGAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas V-C SD Negeri Babatan 1 Surabaya)

  • MITHA AMELIA

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mempersiapkan anak-anak dalam menghadapi kehidupan di masa mendatang. Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan yang berlangsung melalui aktivitas yang melibatkan mekanisme gerak tubuh manusia dengan menghasilkan perubahan  perilaku yang bertujuan untuk membentuk kesehatan jasmani secara utuh, melalui jalur pendidikan formal yang di dalamnya terdapat pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Pada proses belajar mengajar, materi yang disampaikan tentang teknik dasar permainan bola tangan yang termasuk dalam permainan bola besar. Ada beberapa macam teknik dasar bola tangan, salah satunya adalah dribble. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, desain penelitian one grup pre test-post test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Babatan 1 Surabaya.   Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sebanyak 27 siswa. Instrumen penelitian menggunakan judgement expert, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dribble bola tangan. Hasil penghitungan statistik dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan permainan modifikasi terhadap hasil belajar dribble bola tangan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dengan dibuktikan dari nilai thitung 3,403 > ttabel 1,714. Dengan taraf signifikan 0,05 dan besar pengaruh 19,231%. 

Kata Kunci : permainan modifikasi, hasil belajar, dribble bola tangan.

Abstract

Education is a very important activity to prepare children to be ready to welcome the future. Physical education, sports, and health is a part of the formal education aiming to change human habits through the activity that involve human body movement mecanism to build a complex health. In a learning process, the given subject is about the basic hand ball dribble techniques that included in the big ball game material. Hand ball game is a kind of a big ball games. It has some of basic techniques like dribble. This research is using descriptive quantitative method and one group pre test-post test as the research design. The population of this research is the whole 5th grade students in Elementary School Babatan 1 Surabaya. In this research, cluster random sampling is a method that is used to take the sample that involve 27 students. The instrumen of this reasearch is using judgement expert aims to know the final result of hand ball dribble learning The conclusion of the statistic calculation using the value of tcount 3,403 > ttable 1,714 is that there is an influence there is a significance of the game modification to the result of hand ball dribble learning in physic education, sports, and health studies. with the significance level of 5% and by number increase of 19,231%.

Keywords : game modification, learning result, hand ball dribble

Published
2016-01-20
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 276