PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING (ORTODOK) (Pada Siswa Kelas V DI SDN Lakarsantri  II / 473 Surabaya)

  • RIBUT HARTONI

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif menerima pelajaran dengan baik. Peningkatan hasil belajar yang dicapai oleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari diri siswa (faktor internal) maupun dari luar siswa (faktor external). Faktor internal diantaranya adalah minat, bakat, motivasi dan tingkat intelegensi. Sedangkan faktor external diantaranya adalah metode pembelajaran dan lingkungan. Problem bagi guru pendidikan jasmani menghadapi yang demikian ini dibutuhkan upaya yang kreatif untuk menyampaikan materi pelajaran supaya dapat diterima siswa, hal ini berkaitan bahwa pembelajaran jasmani yang mana penekanannya dominasi domain psikomotor paling besar bila dibandingkan domain–domain yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar tolak peluru gaya menyamping (ortodok) pada siswa kelas V di SDN Lakarsantri II Surabaya. (2) Untuk mengetahui besarnya perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe teams games tournaments (TGT) dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar tolak peluru gaya menyamping (ortodok) pada siswa kelas V di SDN Lakarsantri II Surabaya. Sampel penelitian ini adalah SDN Lakarsantri II Surabaya kelas VA yang berjumlah 32 siswa dan kelas VB yang berjumlah 32 siswa yang sudah mengetahui hasil pengundian maka diberikan pembelajaran atau perlakuan (treatmen) menggunakan metode demonstrasi dan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT). Hasil penelitian diperoleh ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar tolak peluru gaya menyamping SDN Lakarsantri II/473 Surabaya. kelompok eksperimen yaitu thitung > ttabel yaitu 13,126 > 1,697 dan  terjadi peningkatan sebesar 25%. 

Kata Kunci: Model, pembelajaran, Kooperatif, demonstrasi, Tolak peluru

Abstract

Education is a ware effort and planned to actualized conditioning lesson and learning process in order to the students can actively receiving the lesson well, the increasing of lesson’s result wtich reached by the students are affected by several factor,both internal and external factors, the internal factors such as interest,talent motivation and intellegence grade. External factor such as learning methods and environment the problems for physical education teacher to face those conditions above,they need a creative trial to tell the lesson that can be receive by students, it has relation between the physical education and the stress of domain domination of psycomotor mostly comparing with other domain. The ams of the research is = ( 1 ) to know the comparisson of applying the cooperative learning mode of Teams Games Tournaments ( TGT ) using demonstration method to the education result of shot put ortodox style for students grade five in SDN Lakarsantri II / 473 Surabaya. ( 2 ) to know how big the comparisson of applying the cooperative learning Mode of Teams Games Tournament ( TGT ) type using Demonstration method to the education result of shot put orthodox style for students grade five in SDN Lakarsantri II / 473 Surabaya. The research sample is SDN Lakarsantri II / 473 Surabayastudents of grade V-A with 32 students and class V-B with 32 students who had knew the lottery result then gwen the learning or treatment using demonstration method and cooperative learning mode TGT type. For result of the research there is an affect of applying cooperative learning type TGT to the education result of shot put othodox style in SDN Lakarsantri II / 473 Surabaya the experiment group is tcount thitung > ttable  it is13,126 > 1,697 and got increase 25%.

Keywords: Model, education, Cooperative, demonstration, shot put

Published
2016-01-20
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 27