Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Under Basket Shoot Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 51 Surabaya

  • MOH.RIDHO SABARIMAN

Abstract

 Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang penting, salah satunya adalah pendidikan jasmani. Namun, keberadaan pendidikan jasmani justru dianggap mengganggu perkembangan intelektual anak. Oleh karena itu sebaiknya guru penjasorkes memberikan model pembelajaran yang bervariasi kepada siswa-siswinya disetiap lembaga pendidikan, mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Karena tujuan penjasorkes disini adalah untuk membantu siswa-siswi dalam meningkatkan kesehatan jasmaninya, keterampilan gerak dasar melalui pengenalan dan penanaman sikap positif dan pematangan sikap mental serta perilaku hidup sehat yang diimplementasikan dalam berbagai aktifitas jasmani. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 51 Surabaya, dimana pemberian materi under basket shoot dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Penelitian ini dilakukan empat kali pertemuan. Pada pertemuan pertama dan terakhir digunakan untuk mengambil nilai pretest dan posttest. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya perbedaan nilai antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari 35 siswa pada kelompok eksperimen dan 37 siswa pada kelompok kontrol. Model pembelajaran CTL memberikan pengaruh terhadap efektifitas pembelajaran under basket shoot. Hasil thitung pada kelompok eksperimen adalah 13.556 dan thitung  pada kelompok kontrol adalah 1.761. Kelompok eksperimen memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 2,6% dan kelompok kontrol sebesar 1,03%.

Kata kunci : Model Pembelajaran CTL, Under Basket Shoot.

Abstract

Education is an important thing, one of them  is Physical Education. But, Physical Education is consider bothered children’s intellectual development. So that, will be better if Physical Education’s teacher give the variation of learning models to the students in every education institute, from Elementary School until University. Because Physical Education’s purpose is help the students to increase physical healthy, basic movement skill with introducing positive attitude and maturation mental attitude and also healthy live that implementation in every physical effectivity. This research was held in Junior High School 51 Surabaya students, where under basket shoot was given with using CTL learning model. This research was did four times. In first and last learning to take pretest and posttest score. The purpose of the research is to prove the different score between exsperiment class and control class. The research is quasi research with quantitative approach. The sample that use is 35 students of exsperiment class and 37 students of control class. CTL leaerning model’s was given effects for under basket shoot learning effectivity. The result of tscore in exsperiment class is 13.556 and tscore in control class is 1.761. Exsperiment class give increase 2.6% and control class 1.03%.

Keywords: CTL Learning Model, Under basket Shoot.

Published
2016-01-20
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 15