SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMA/SMK/MA NEGERI SE-KABUPATEN LAMONGAN

  • AHMAD ZUHROTIL ANWAR

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan yang dilakukan melalui aktivitas jasmani. Pelaksanakan pembangunan disektor pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang bertujuan meningkatkan proses pembelajaran agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA/SMK/MA Negeri se-Kabupaten Lamongan dengan menggunakan instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (PDPJOI). Dalam Instrumen ini terdapat 4 aspek yaitu: 1. Ketersediaan sarana dan prasarana olahraga, 2. Ketersediaan tenaga pelaksana, 3. Hasil kerja kurun waktu satu tahun, 4. Prestasi dan penghargaan satu tahun lalu. Hasil rekapitulasi data kemajuan pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan di SMA/SMK/MA Negeri se-Kabupaten Lamongan yaitu: Ketersediaan sarana dan prasarana olahraga rata-rata mendapatkan kategori “C” tergolong cukup baik dengan nilai 113. Ketersediaan tenaga pelaksana rata-rata mendapatkan kategori “A” tergolong sangat baik dengan nilai 209. Hasil kerja kurun waktu satu tahun rata-rata mendapatkan kategori “B” tergolong baik dengan nilai 238. Prestasi dan penghargaan satu tahun terakhir rata rata mendapat kategori “E” tergolong sangat kurang dengan nilai 28. Kesimpulannya data tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA/SMK/MA Negeri se-Kabupaten Lamongan secara keseluruhan mendapatkan kategori “C” tergolong cukup baik dengan nilai 588.

Kata Kunci : Tingkat kemajuan Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, SMA/SMK/MA Negeri.

Abstract

Physical education, sport, and health are an integral part of overall education system which is done through physical activities. The implementation of physical education, sport, and health sector development is a basic requirement aimed to improve the learning process to be able to work effectively and efficiently. Thus, the learning objectives achieved. This study was conducted to determine the level of advancement condition of physical education, sport, and health in State High School (SMA/SMK/MA) in District of Lamongan using Data Base Physical Education and Sport Indonesia (PDPJOI) instruments. There are four aspects in this instrument, namely: 1. The availability of sport facilities and infrastructure, 2. The availability of execution, 3. The working period of one year, 4. The achievements and awards one year ago. The recapitulation result shows “C” in average for availability of sport facilities and infrastructure respectively which means quite good with value of 113. The of execution shows “A” in average which means excellent with value of 209. Furthermore, the working of one year in average shows “B” which means quite good with value of 238. Lat but not least, the achievements and awards one year ago shows “E” which means very less with value of 28. In conclusion the advancement level of progress physical education, sport, and health in Lamongan state high school shows “C” in average which means quite good with value of 588.

Keywords : The level of progress physical education, sport, and health, State High School.

Published
2016-01-20
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 109