SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE-SURABAYA SELATAN

  • PUTRA ANGGA PRAKASA

Abstract

Abstrak

Guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik serta memiliki integritas dan kreatifitas yang luas. Sebagai guru dalam bidang studi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kurikulum 2013 dituntut untuk mampu mengaplikasikan materi ke dalam bentuk tematik integratif yaitu model pembelajaran yang diarahkan pada pendidikan yang berkarakter serta  mengintegrasikan isi pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri Se-Surabaya Selatan. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data, yaitu monitoring dan evaluasi proses pembelajaran kurikulum 2013 yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian disebarkan pada guru kelas VII (tujuh) dan VIII (delapan) pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di 9 SMP Negeri Se-Surabaya Selatan yang berjumlah 18 guru. Kemudian hasil penelitian dianalisis data persentase dan dirata-rata (mean) menggunakan diskriptif kuantitatiaf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru PJOK terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri Se-Surabaya Selatan dengan nilai rata-rata 72,94% yang kemudian dikonversi ke dalam nilai kategori “tinggi”.

Kata Kunci :  Tingkat pemahaman guru, kurikulum 2013, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

 Abstract

Teachers have an important role in improving the quality of learners as well as having extensive integrity and creativity. As a teacher in the field of study Physical Education Sports and Health in curriculum 2013  required to apply the material in the form of thematic integrative teaching model that was aimed at integrating character education and learning content in order to determine the extent to which teachers' understanding level Physical Education, Sports, and Health on the implementation of the in curriculum  2013 in all of junior high school in south surabaya.

This type of research is non experiment using survey design and questionnaire as a data collection tool, the monitoring and evaluation of the learning process of curriculum 2013 are sourced from the Ministry of Education and Culture, then spread to teachers VII (seven) and VIII (eight) Physical Education, Sports, and Health in nine all of junior high school in south surabaya, amounting to 18 teachers. Then percentageof encode analysis and mean use descriptive quantitative.

The results showed that the teachers' understanding of the implementation of the Physical Education Sports and Health curriculum 2013 in all of junior high school in south surabaya with an average percentage of 72.94% which then converted into the value category with the value of the category “high”.

Keywords: Level understanding teachers, curriculum  2013, physical education sport and health.

Published
2016-01-20
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 74