PENERAPAN MODIFIKASI PEMBELAJARAN BOLA BASKET MINI TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN. (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya)

  • DARMA MEKA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani. Untuk mencapai tujuan aktivitas gerak yang seluas-luasnya maka perlu adanya modifikasi baru guna menunjang pencapaian aktivitas tersebut. Pada saat ini dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, para guru masih menggunakan modifikasi pembelajaran yang standar umum, jadi pada proses belajar mengajar masih kurang lancar dan tidak ada pengembangan, serta kurangnya pengayaan gerak sehingga anak didik kurang timbul rasa senang dan gembira. Akhirnya anak didik dalam mengikuti pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah menjadi bosan dan motivasi anak dalam mengikuti pembelajaran berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan melalui modifikasi pembelajaran bola basket mini. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 43 Surabaya dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif dan komparatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner skala likert dengan pilihan ganda. Hasil analisa uji-t paired sample t-test didapatkan nilai thitung 2,262 > 1,697 ttabel. Dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan dengan taraf signifikasi antara belajar siswa kelas VIII SMPN 43 Surabaya pada pembelajaran PJOK sebelum dan sesudah penerapan modifikasi pembelajaran bola basket mini. Hal ini dapat dikatakan bahwa penerapan modifikasi pembelajaran bola basket mini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 43 Surabaya pada pelajaran PJOK. Penerapan modifikasi pembelajaran bola basket mini ternyata memberikan peningkatan minat belajar siswa SMPN 43 Surabaya pada pembelajaran pendidikan jasmani sebesar 2,308%.

Kata Kunci: Modifikasi Pembelajaran Bola Basket Mini Bermain, Motivasi Belajar

Abstract

Physical education, sports and health education is the process through physical activity and is a process of education to increase physical ability. To achieve the goal of motion activity broadest hence the need for a new modification to support the achievement of these activities. At this point in learning physical education, sports and health, teachers are still using a modified common learning standards, so the learning process is still substandard and there is no development, as well as the lack of enrichment of motion so that the students are less arises a sense of fun and joy. Finally the students in following the physical education, sport and health in school children become bored and motivation in following the reduced learning. For it to process health physical education and sports in schools run smoothly and demand by the students of physical education teachers, sports and health are expected to be good at creating variations or modifications varasi pembejaran,

The purpose of this study was to determine the extent of the increase in student motivation in physical education lessons, sport and health through modification of instructional basketball mini. The targets of this research is class VIII SMP Negeri 43 Surabaya and the number of samples taken by 40 students. The method in this analysis using quantitative descriptive and comparative statistics, while the process of data collection is done by using a questionnaire or Likert scale questionnaire with multiple choice.

Results of t-test analysis paired sample t-test is obtained tcount 2.262> 1.697 ttabel. In other words that there are differences in the level of significance between class VIII student of SMPN 43 Surabaya on learning PJOK before and after implementation of a mini basketball instructional modifications. It can be said that the implementation of the learning modification basketball mini have a significant influence on the improvement of student motivation class VIII SMP Negeri 43 Surabaya on PJOK lesson. Application of learning modification basketball mini turns giving improving learning Elementary School fifth grade SMPN 43 Surabaya in physical education learning at 2.308%.

Keywords: Modified Mini Playing Basketball Learning, Learning Motivation

Published
2016-01-20
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 130