SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada SD Negeri se-Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo)

  • YUDHY ERLANGGA DJATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Dalam hal ini tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah memiliki peranan penting. Ini bertujuan agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (PDPJOI). Dalam instrumen tersebut terdapat 4 aspek yang meliputi: 1. Ketersediaan sarana prasarana olahraga, 2. Ketersediaan tenaga pelaksana, 3. Hasil kerja kurun 1 tahun lalu, dan 4. Prestasi dan penghargaan 1 tahun lalu. Hasil rekapitulasi tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yaitu: 1. Ketersediaan sarana prasarana olahraga rata-rata mendapatkan nilai 118,2 dengan kategori “C” yang termasuk dalam kategori cukup baik, 2. Ketersediaan tenaga pelaksana rata-rata mendapatkan nilai 210,3 dengan kategori “A” yang termasuk dalam kategori sangat baik, 3. Hasil kerja kurun 1 tahun lalu rata-rata mendapatkan nilai 193,3 dengan kategori “B” yang termasuk dalam kategori baik, dan 4. Prestasi dan penghargaan 1 tahun lalu rata-rata mendapatkan nilai 35,9 dengan kategori “E” yang termasuk dalam kategori kurang sekali.

Kesimpulannya yaitu dari hasil yang diperoleh untuk tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo mendapatkan nilai 557,7 dengan kategori “B” yang termasuk dalam kategori baik.

Kata Kunci: Tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dan satuan pendidikan sekolah dasar.

Abstract

Basically physical education, sport, and health are integral part of the overall education system. In this case, the level of progress physical education, sport, and health in school have important role. This alms to make the process of learning to run effectively and the purpose of learning can be achieved. This research was did to know the level of progress physical education, sport, and health in public elementary school at subdistrict of Taman, Sidoarjo regency by using the instrument Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (PDPJOI). In the instrument, there are four aspect which are included: 1. The avaibility of sport facility and infrastructure, 2. The avaibility of teachers, 3. The result of working for last year, and 4. Achievement and apreciation last year. The recapitulation result of level of progress physical education, sport, and health in public elementary school at subdistrict of Taman, Sidoarjo regency there are: 1. The avaibility of sport facility and infrastructure get average value 118,2 to category “C” which is included rather good category, 2. The avaibility of teachers get average value 210,3 to category “A” which is included in the execellent category, 3. The result of working for last year get average value 193,3 to category “B” which is included good category, and 4. Achievement and apreciation last year get average value 35,9 to category “E” which is included very bad category.

The conclusion of results is obtained for the level of progress physical education, sport, and health in public elementary school at subdistrict of Taman, Sidoarjo regency get value 557,7 to category “B” which is included good category.

Keywords:  The level of progress physical education, sport, and health and elementary school education unit.

Published
2016-01-20
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 123