PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN PART PRACTICE DAN WHOLE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLAVOLI (Studi Pada Siswa kelas VII SMPN 2 Arjasa Sumenep Tahun Ajaran 2014 – 2015)

  • HERMAN RIANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani. Untuk mencapai tujuan aktivitas gerak yang seluas-luasnya maka perlu adanya metode-metode baru guna menunjang pencapaian aktivitas tersebut. Pada saat ini dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, para guru banyak metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Akan tetapi kenyataannya masih belum bisa membawa perubahan yang berarti dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar servis. Maka dari itu perlu suatu metode yang sesuai yang di anggap bisa mempermudah siswa untuk belajar tentang servis bawah bolavoli. Metode yang akan digunakan ialah Part Practice dan Whole Practice diharapkan dengan metode ini bisa mempermudah dalam pembelajaran servis bawah bolavoli. Khususnya bagi siswa kelas VII SMPN 2 Arjasa Sumenep dilihat letak geografis serta keadaan sekitar yang jauh dari perkotaan maka peneliti berupaya melakukan penelitian di sekolah tersebut. Dalam penelitian ini apakah metode Part Practice dan Whole Practice berpengaruh terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih efektif mana dan lebih bagus mana metode pembelajaran Part Practice dan Whole Practice Terhadap hasil belajar service bawah bolavoli Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMPN 2 Arjasa dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 27 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif. Hasil analisa uji-t paired sample t-test. Part Practice di dapat thitung 14,111 > 2,179 ttabel dan Whole Practice di dapat thitung 9,385 > 2,179 ttabel. Dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan dengan taraf signifikasi antara Part Practice dengan Whole Practice kelas VII SMPN 2 Arjasa. Hal ini dapat dikatakan bahwa perlakuan metode Part practice dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan gerak servis bawah bolavoli sebesar 50% dan perlakuan metode whole practice dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 36,36% adalah signifikan dan dapat diberlakukan (digeneralisasikan) ke populasi. Dari penjelasan di atas di simpulkan bahwa penerapan metode Part practice lebih baik daripada metode whole practice.

Kata Kunci: Metode Part practice dan  whole practice, Hasil Belajar

Abstract

Physical education, sports and health education is the process through physical activity and is a process of education to increase physical ability. To achieve the goal of motion activity broadest hence the need for new methods to support the achievement of these activities. At this point in learning physical education, sports and health, the teacher Many teaching methods used by teachers. But the fact still can not bring meaningful change to improve students' ability to master the basic motion servicing. Hence the need for a suitable method that is considered to facilitate the students to learn about the services under volleyball. The method to be used is Part Practice and Practice Whole is expected by this method can simplify the servicing of learning under volleyball. Especially for students of class VII SMPN 2 Arjasa Sumenep seen the geographical location and circumstances that are far from urban areas, the researchers seek to study at the school. In this study whether the method of Part Practice and Practice Whole effect on learning outcomes under volleyball serve. The purpose of this study was to find out more and better evektif where where teaching methods Part Practice and Practice Against Whole service learning outcomes under volleyball targets were students of Class VII SMPN 2 Arjasa and number of samples taken as many as 27 students. The method in this analysis using quantitative statistical methods. Results of t-test analysis paired sample t-test. Part Practice in can thitung 14.111> 2.179 ttabel and Whole Practice in can thitung 9.385> 2.179 ttabel. In other words that there are differences in the level of significance between the Whole Practice Practice Part VII SMPN 2 Arjasa class. It can be said that the treatment methods Part practice can improve learning outcomes under volleyball servicing motor skills by 50% and the whole practice treatment methods can improve learning outcomes by 36.36% is significant and may be enforced (generalized) to the population. From the above it concluded that the application of Part method of practice is better than a whole method of practice.

Keywords: Part Method whole practice and practice, Learning Outcomes

Published
2016-01-20
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 349