PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI (STUDI PADA SISWA KELAS VIIC SMPN 1 TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO)
Abstract
Abstrak
Modifikasi passing atas bolavoli adalah salah satu usaha menyederhanakan materi pembelajaran passing atas bolavoli mulai dari gerakan yang mudah ke yang sulit sesuai karakteristik siswa agar siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih mudah memahami materi yang diberikan guru serta senang dan tidak takut cidera dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui adanya pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VII SMPN 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. 2. Seberapa besar pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VII SMPN 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 tulangan Kabupaten Sidoarjo yaitu kelas VIIC dengan jumlah 38 siswa. Pengambilan data ini dilakukan dengan menggunakan tes passing atas dengan pedoman penilaian Face Wall-Volume Test Dari Aapher. Dari hasil penelitian melalui perhitungan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing atas bolavoli yang dibuktikan dengan hasil uji t, didapat nilai thitung -2,749 > ttabel -1,684 dengan taraf signifikasi 0,05 (5%). Dengan hasil perhitungan analisa data dapat diketahui besar pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing atas bolavoli sebesar 6,60%.
Kata Kunci : Modifikasi Permainan, Passing Atas Bolavoli
Abstract
Modifications passing on volleyball is one of the efforts to simplify the learning material passing on volleyball started from easy movement to difficult appropiate the characteristics of the students so that students in learning to follow more easily understand the material provided by teacher and happy and not afraid of injury in the following study.The purpose of this study : 1. Knowing the effect of modifications to the learning outcomes passing game on volleyball to the VII class grade students of State Junior High School 1 Tulangan, Sidoarjo. 2. How much influence modifications to the learning outcomes passing game on volleyball to the VII class grade students of State Junior High School 1 Tulangan, Sidoarjo. This type research used in this study is quasi experimental. And research design used in this study is one group pretest-posttest design. In this study is the seventh grade of State Junior High School 1 Tulangan, Sidoarjo is VIIC class with a number of 38 studdents. Data retrieval is performed using the test passing on the assessment guidelines Face Wall Volume Test From Aapher. From the results of research through analysis calculations can be concluded that there is a significant influence on the modification of the learning outcomes passing game on volleyball as evidenced by the t test results, obtained tcount -2,749 > ttable -1,684 with significance level of 0,05 (5%). With calculation results of data analysis can be seen the influence of modifications to the learning outcomes passing games on volleyball at 6,60%.
Keywords : Modification Games, Passing Over Volleyball
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

