SURVEI PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) (Studi pada SD, SMP, dan SMK Negeri se-Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto)

  • AHMAD RIZQY HARYADI

Abstract

Abstrak

UKS merupakan suatu bentuk layanan kesehatan yang ada di lingkungan sekolah yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan semua pihak yang terkait dengan sekolah, atau warga sekolah khususnya peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan usaha kesehatan sekolah (UKS) di SD, SMP, dan SMK Negeri se Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKS di SD, SMP, dan SMK Negeri se Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 20 sekolah, terdiri dari 17 SD, 2 SMP, dan 1 SMK. Penelitian ini adalah penelitian populasi maka tidak ada sampel di dalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara akurat dan fakta mengenai populasi atau mengenai bidang tertentu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non eksperimen dengan menggunakan metode survei, yang mana data diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara dengan guru PJOK atau petugas UKS di sekolah mengenai pelaksanaan UKS dalam kurun waktu 1 tahun, yang mana data diambil dengan menggunakan lembar observasi pelaksanaan UKS SD, SMP, dan SMA.

Hasil penelitian kegiatan pendidikan kesehatan menunjukkan hasil yang cukup baik, yaitu 15 SD berada di strata standart dan 2 SD berada di strata optimal, dengan masing-masing persentase 88,24% dan 11,76%. Untuk 2 SMP dan 1 SMK ketiga sekolah tersebut berada strata standart dengan persentase 100%. Untuk kegiatan pelayanan kesehatan, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil yang masih kurang baik, yaitu 17 SD berada di strata minimal dengan persentase 100%, dan dengan persentase yang sama yaitu 100%, 2 SMP dan 1 SMK menempati strata standart. Sedangkan untuk pembinaan lingkungan sekolah sehat, masih menunjukkan hasil yang kurang baik, yaitu 13 SD berada di strata minimal dengan persentase 76,47%, hanya 23,53% SD menempati strata standart dengan jumlah sekolah 4 sekolah, 1 SMP menempati strata minimal dan 1 lagi menempati strata paripurna dengan persentase masing-masing 50%, sedangkan satu-satunya SMK di Kecamatan ini berada di strata minimal dengan persentase 100%.

Kata Kunci : Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Abstract

School provides health services on a daily basis through the School Health Unit (SHU). SHU is a form of health care that exist in school that have purpose to maintain and improve the health of all parties associated with the school, or the school citizen, especially students. The purpose of this research is knowing the implementation of School Health Unit (SHU) at Elementary School, Junior High School (JHS), and Senior High School (SHS) at District of Mojoanyar, Mojokerto. The population in this research are all SHU in Elementary School, JHS, and SHS at District of Mojoanyar, Mojokerto which amounts to 20 schools, containing of 17 Elementary School, 2 JHS and 1 SHS. This research is population research, then there is no sample is in it. This research use descriptive research which purpose to describe accurately and facts about the population or about a particular field. Design used in this research is non experiment with using the survey method, in which the data obtained by observation and interviews with physicl education, sport, and health teacher or SHU official at school about the implementation of the SHU in the last year, which the data taken with observation sheet implementation of SHU  in Elementary School, Junior High School, and Senior High School. Results of research activitiy for health education programs showed good enough, 15 Elementary School in standard position and 2 Elementary School in optimal position with each 88.24% and 11.76%. For 2 JHS and 1 SHS in standard position with 100%. For service health activity, based on the result experiments showed a less good, 17 Elementary School in a minimum position with 100%, and with same percent of 100%, 2 JHS and 1 SHS in standart position. While for the establishment of healthy school environment, still showed a less good, 13 Elementary Shool at minimal position with 76.47%, only 23.53% in standard position with the number of school 4 schools, 1 JHS in minimal position and 1 more at paripurna position which 50%, while the only one SHS in the districk at minimum position with 100%.

Keywords: the implementation of the School Health Unit (SHU)

Published
2016-02-06
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 187