KONTRIBUSI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA dan KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas XI MIA Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Surabaya)

  • METANA PAPUA YUDHA

Abstract

Abstrak

Kebugaran jasmani mengandung pengertian bagaimana kemampuan jasmani seseorang dalam melakukan tugas kejasmanian sehari-hari secara optimal. Mata pelajaran kebugaran jasmani memiliki beberapa latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan kebugaran. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan berbagai cara, salah satunya adalah hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah tingkat kebugaran jasmani siswa memiliki konstribusi dalam penentuan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK). Asumsi yang ditemukan yaitu prestasi belajar siswa memiliki hubungan dengan tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki. Namun, batasan penelitian ini hanya terbatas pada pengukuran berdasarkan MFT (Multistage Fitness Test) yang dilakukan terhadap siswa kelas XI MIA Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, serta desain (non-eksperimen). Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu memilih 1 dari 8 kelas yang tersedia pada Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Surabaya yang berjumlah 39 orang. Berdasarkan hasil pelaksanaan tes kebugaran jasmani menggunakan MFT (Multistage Fitness Test) dan hasil belajar mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) yang kemudian kedua data tersebut dikonversikan dengan tujuan untuk mengetahui adanya kontribusi diperoleh rhitung 0,599 > rtabel 0,316 dengan koefisien determinasi (R2) = 0,358. Sehingga dapat dinyatakan hubungan antara tingkat kebugaran jasmani (X), dengan hasil belajar (Y) nilainya signifikan.

Kata Kunci : kebugaran jasmani, hasil belajar, MFT

Abstract

Physical fitness implies how one's physical ability to perform daily tasks optimally. The subject of physical fitness has some physical exercises aimed at improving and maintaining fitness. Such improvements can be seen in various ways, one of which is the result of learning. This study aims to determine the level of physical fitness weather students have a contribution in determining the learning outcomes of physical education, sports and health (PJOK). Assuming that found that student achievement has a relationship with the level of physical fitness held. However, limitations of this study is limited to measurements based MFT (Multistage Fitness Test) conducted on MIA class XI State Senior High School 11 Surabaya. This research is a quantitative research with the correlation approach, as well as design (non-experimental). Samples were taken at random cluster sampling technique that choose one of eight classes available at the National High School 11 Surabaya, amounting to 39 people. Based on the results of the physical fitness test execution using MFT (Multistage Fitness Test) and the results of study subjects physical education, sports and health (PJOK) were then both the data is converted in order to determine the contribution of acquired rhitung 0.599> 0.316 rtabel with a coefficient of determination (R2 ) = 0.358. So that it can be stated relationship between the level of physical fitness (X), with the learning outcomes (Y) value is significant.

Keywords : physical fitness, learning outcomes, MFT

Published
2016-02-06
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 215