PERSEPSI GURU PJOK TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM 2013 KE KTSP PADA MATAPELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI SE-KOTA Blitar

  • AMINU WINARKO

Abstract

Abstrak

Bedasarkan UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, pendidikan merupakan suatu proses pembinaan dan pembudayaan siswa yang berlangsung seumur hidup. Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tersaji rasa tanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru PJOK terhadap perubahan kurikulum 2013 ke KTSP pada matapelajaran PJOK di SMA Negeri Se-Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah non-eksperimen dengan desain penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena respondennya adalah seluruh populasi yaitu guru PJOK SMA Negeri Se-Kota Blitar.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari angket persepsi guru PJOK terhadap perubahan kurikulum 2013 ke KTSP memiliki jumlah total nilai angket dari SMAN Se-Kota Blitar sebesar 1030. Hasil rata-rata sebesar 103 dengan persentase sebesar 68,67%. Dari data tersebut dapat disimpulkan rata-rata persepsi guru PJOK terhadap perubahan kurikulum 2013 ke KTSP SMA Negeri Se-Kota Blitar adalah setuju dengan perubahan kurikulum 2013 ke KTSP

Kata Kunci : kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP

Abstract

Based on the Law of Indonesian Republic Number 22 Year of 2003 concerning the National Education system, education is a process of supervising and civilizing students which runs for always. National education purposes to educate the nation and develop the citizens of Indonesia who are faithful to the God, courteous, vigorous physically and spiritually, independent, and responsible for the society and the nation. The purpose of this study is to identify the perception of the physical, sport, and healthiness education teacher towards the alteration of 2013 Curriculum to KTSP within the physical, sport, and healthiness subject in all State Senior High Schools in Blitar City. This study is non-experimental study using quantitative research design. This study is a population study since the respondents are the entire population of physical, sport, and healthiness education teacher of all State Senior High Schools in Blitar City. The instruments used are questionnaire, observations, and documentations. Based on the results of the study obtained by analyzing the questionnaires, it can be stated that the perception of physical, sport, and healthiness education teacher towards the alteration of 2013 Curriculum to KTSP reached 1030 for the total scores of the questionnaires. The mean score is as much as103 and the percentage is 68,67%. It can be concluded form the data above that in average the PJOK teacher’s perception about changing curriculum 2013 to KTSP all State Senior High Schools in Blitar City is agree with the changing curriculum 2013 to KTSP

Keywords : 2013 Curriculum and KTSP

Published
2016-02-06
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 96