Penerapan Model Kooperatif Type Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bolavoli Passing Atas

  • WAWAN HARI PRASTYO

Abstract

Abstrak

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan menuntut guru harus berperan kreatif dan inovatif sehingga guru harus dapat memilih model-model pembelajraan yang tepat pada anak didiknya agar dalam pembelajaran anak didik atau siswa dapat memperoleh pembelajran yang mudah dimengerti dan dipahami sehingga tertuju pada tujuan pendidikan.  Dalam PJOK ( Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Rekreasi) terdapat 7 ruang lingkup salah satunya dalah permainan. Dalam permainan juga terpecah antara lain permainan bola besar dan permainan bola kecil. Dalam permainan bola besar salah satunya adalah bolavolli . keberhasilan dalam permainan bolavolli dalam didunia pendidikan terdapat 3 aspek yang mempengaruhi antara lain kognitif, psikomotor, afektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adakah peningkatan dalam penerapan kooperatif Type Jjigsaw terhadap hasil belajar bolavoli passing atas. 2. Seberapa besar peningkatan yang diperoleh siswa dalam penerapan koopertif Type Jigsaw. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu sengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas IPA 4 SMAN 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan perhitungan IBM Stastical For The Social Sciences (SPSS) Stastics 20. Menunjukan bahwa meningkat 23,3 %  peningkatan tersebut banyak diperoleh dari Kognitif siswa

Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, passing atas bolavoli

Abstract

The success in volleyball game in education world have 3 influential aspect namely cognitive, psychomotor, and The development of knowledge required teacher must playing role creatively and actively so that teacher must be able to choose appropriated learning models on its student in order to make student in learning received understandable lesson that directed on education objective. In PJOK (education, physical, sport and recreation) contained 7 scopes one of them is game. In game also divided such as big ball game and small ball game. On big ball game one of them is volleyball. affective. The aim of this research were : 1) to determine is there any improvement in cooperative learning model type jigsaw application to volleyball overhead passing learning result, 2) how big was the improvement that received by student in the application of cooperative learning model type jigsaw. This research applied pseudo-experiment with descriptive quantitative approach. Research subject was Class IPA 4 SMAN 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto. Based on research result by applied IBM Stastical for the Social Sciences (SPSS) Stastics 20 calculation showed that there is improvement 23.3% whereas those improvement mostly obtained from students cognitive.

Keywords: cooperative, Jigsaw, volleyball overhead passing

Published
2016-02-06
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 218