INTERAKSI EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH  SE- KECAMATAN KOTA BOJONEGORO

  • ADI S

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Madrasah Ibtidaiyah adalah satuan pendidikan formal yang menyeleng-garakan pendidikan umum dengan kekhasan agama islam yang terdiri dari enam tingkat pada jenjang pendidikan dasar. Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di MI adalah interaksi siswa dengan guru dengan sumber belajar yang berupa aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang kuriku-lumnya terdapat di sekolah dengan tujuan pembimbingan perilaku hidup sehat seutuhnya yang pelaksanaannya dilakukan di MI. Kegiatan pembelajaran yang efektif pada umumnya meliputi 7 aspek salah satunya adalah interaksi edukatif antara guru dengan siswa. Untuk menciptakan pembelajaran yang bernilai interaksi edukatif yang baik tidaklah mudah ada komponen edukatif yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi edukatif antara guru dengan siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni sebanyak 7 guru dan 90 siswa kelas 5.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) berdasarkan kuesioner guru interaksi edukatif proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dengan nilai rata-rata 228,14 yang kemudian dikonversi ke dalam nilai kategori untuk kuesioner guru dengan nilai kategori “baik”, (2) berdasarkan kuesioner siswa interaksi edukatif proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dengan nilai rata-rata 84,16 yang kemudian dikonversi ke dalam nilai kategori untuk kuesioner guru dengan nilai kategori “baik”, (3) berdasarkan lembar pengamatan interaksi edukatif proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dengan nilai rata-rata 51.13 yang kemudian dikonversi ke dalam nilai kategori untuk kuesioner guru dengan nilai kategori “kurang”. Simpulan penelitian bahwa interaksi edukatif pada proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Kota Bojonegoro dengan nilai rata-rata 430,24 yang kemudian dikonversi ke dalam nilai kategori “cukup”.

Kata Kunci: interaksi edukatif, guru, pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan

Abstract

Education is a conscious and planned effort to create such atmosphere of learning process so that the students are actively developing potential their to have the spiritual power, good attitude, and also skills required for themselves, society, country, and nations. Madrasah Ibtidaiyah is united formal education which held educating system with islamic characteristic and consists of 6 grades in elementary school. Phsyical education, exercise and health learning in MI is an interaction between teachers and student based on physical action, exercise, and health as the curriculum says. The purpose of this learning to guide healthy life behavior that held in MI. Effective learning activities generally involves seven aspects, one of them is educational interaction between teachers and students. To create valued educative interaction isn’t easy. There are some aspects that have to be completed it involves the learning purposes, teaching materials, learning process, methods, tools, sources and evaluation. This study aims to determine the educational interaction between teacher and student on the learning process of physical exercise and health education in Madrasah Ibtidaiyah Sub District Bojonegoro. Samples were taken by purposive sampling, a total of  7 teachers and 90 students. The results showed that (1) based on teachers questionnaires educational interaction learning process of sport, health and physical education with an average value of 228,14 which then converted into value category for the teacher questionnaire with value “good” category, (2) based on student questionnaires educational interaction learning process sport, health and physical education with an average value of 86,16 which then converted into value category for the teacher questionnaire with value “good” category, (3) based on the observation sheet educational interaction learning process of sport, health and physical education with an average value of 51,13 which then converted into value category for the teacher questionnaire with value “less” category. On conclusion that the study of educational interaction in the learning process of sport, health and physical education in Madrasah Ibtidaiyah subdistrict Bojonegoro with an average value of 430,2 which then converted into the value category with the value of the category “enough”.

Keywords: educational interaction, sport, health, and physical education.

Published
2016-02-06
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 325